Operasi Zebra Toba Fokus Dititik Rawan Laka Lantas

Sebarkan:
Apel gelar pasukan Oeprasi Zebra 2023 di wilayah Polres Toba. (foto:mm/ist)
TOBA (MM) - Pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2023 dilaksanakan selama empat belas (14) hari kedepan sejak 4 September - 17 September 2023 di wilayah hukum Polres Toba akan dilakukan razia secara serentak di titik rawan lakalantas, penindakan terhadap pengendara dibawah umur dan tidak memakai helm, untuk menciptakan situasi aman, lancar dan tertib berlalulintas, patuh berlalulintas. 

Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kapolres Toba, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb S.IK, menekankan kepada setiap personel unit satuan lalulintas, TNI, Dinas Perhubungan mengedepankan edukatif dan humanis kepada pengendara yang melakukan pelanggaran. 

"Apabila terjadi pelanggaran dilakukan pengendara seperti, tidak membawa kelengkapan dokumen surat - surat, melawan arus, tidak memakai helm dan anak yang mengendara masih dibawah umur terlebih dahulu diberikan edukatif. Jadilah petugas yang humanis sebelum selanjutnya dilakukan penindakan jika tidak bisa di arahkan," tegas Kapolres, Senin (04/09/2023). 

Lanjutnya, operasi ini juga awal dari menciptakan situasi aman dan kondusifnya pelaksanaan pilkades secara serentak di Kabupaten Toba di bulan Oktober mendatang, "Melalui Operasi Zebra kita akan membentuk karakter masyarakat untuk patuh dan taat aturan dan peraturan untuk menciptakan aman dan kondusifnya keamanan di kabupaten ini, " kata Taufiq mengakhiri. 

Sementara Kasat Lantas, Iptu R.T. Gunawan Siahaan mengatakan, penempatan anggota akan dilakukan di tempat yang rawan lakalantas seperti Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) yang ada di Kecamatan Lumbanjulu, hampir setiap harinya terjadi lakalantas. 

"Pengendara sering lalai dengan kondisi jalan licin yang dipenuhi tikungan terlebih saat turun hujan, tidak mengurangi kecepatan. Hal ini sering terjadi kepada pengendara yang tidak faham kondisi jalan karena meningkatnya kunjungan ke wilayah kawasan Danau Toba, sejak ditetapkannya sebagai Kawasan Pariwisata Super - Super Perioritas, " jelas Kasat Lantas. 

Diketahui tingkat lakalantas di wilayah hukum Polres Toba setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan, karena kurangnya pemahaman masyarakat dalam peraturan rambu - rambu lalulintas atau mengabaikannya tanpa memperdulikan keselamatan jiwanya. Tidak menyadari orang tercinta menunggu keselamatannya di rumah. (Nimrot Acon)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com