Massa Gerakan Aktivis Peduli Sumut Minta Pj Bupati, ASN dan Polri Netral di Pilkada

Sebarkan:
Pj Bupati Batu Bara Hery Wahyudi Marpaung dan Kapolres Batu Bara menyambut aksi massa Akvitis Peduli Sumut di kantor Bupati Batu Bara. (foto/ist)
BATU BARA (MM) – Sejumlah massa Gerakan Aktivis Peduli Sumatera Utara, menggeruduk kantor Bupati Batu Bara di Limapuluh Kota. Massa mendesak Pj Bupati Hery Wahyudi Marpaung dan ASN untuk bertindak netral dalam Pilkada 2024, Senin (30/9/2023).

Dari pantauan media di lapangan, dalam orasinya mahasiswa meminta Pj Bupati, ASN dan TNI/Polri untuk bersikap netral dan tidak menggunakan kekuasan untuk kepentingan, tapi gunakan jabatan untuk menjaga dan mempertahankan demokrasi dari oknum-oknum ayng gila kekuasaan.

Adapun tuntutan mahasiswa yaitu, meminta PJ Bupati, ASN adn TNI/Polri agar tidak memberikan dukungan ataupun fasilitas kepada bakal calon kepala daerah, Gubernur dan Bupati baik sebelum dan sesudah kampanye.

Kemudian tidak akan menanggapi mengikuti, membagikan dan menyebarkan kegiatan calon kepa adaerah kepada media maupun dalam bentuk kampanye. Mendesak Ph Bupati Batu Bara untuk mendekalrasikan netralitas kepada seluruh ASN.

Memberikan sanksi kepada ASN yang melanggar netralitas sesuai dengan ketentuan undang-undang dan meminta Kapolres agar menjaga Pilkada ini supaya damai dan tidak terjadi kerusuhan dalam pemilihan kepala daerah. 

Pj Bupati Batu Bara Hery Wahyudi Marpaung yang menemui massa mengapresiasi gerakan mahasiswa untuk netralitas Pilkada. Dikatakan Pj Hery, sebenarnya komitmen netralitas Pilkada Damai sudah diintruksikan kepada semua instansi dan aparatur yang menggunakan anggaran pemerintah. Namun begitu, pihaknya akan kembali mengeluarkan surat edaran hingga k e tingkat bawah untuk menjaga netralitas Pilkada 2024, termausk kepala desa (kades).

“Kita tetap komitmen untuk penyelengaraan Pilkada dengan mencari pemimpin yang terbaik tanpa adanya intervensi dari pihak manapun. Ini kita jaga dan menjadi komitmen kita semua,” pungkas Hery Wahyudi.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Batu Bara, bahwa jauh hari pihaknya sudah berkomitmen tidak melakuakn inetrvensi maupun berpihak dalam Pilkada 2024. Jika ada oknum yang dibawah terlibat, maka pihaknya meminta warga atau mahasiswa untuk segera melaporkannya disertai bukti-bukti. “ Ini sudah komitmen TNI/Polri untuk bersikap netral dan sudah jauh hari kita sudah sampaikan,” pungkas Kapolres AKBP taufik Hidayat Thayeb di hadapan massa.(zein)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com