Pilkada Batu Bara, Darwis Komitmen Entaskan Kemiskinan dan Bangkitkan UMKM Lokal

Sebarkan:
Calon Bupati Batu Bara H Darwis. (foto/ist)
BATU BARA (MM) – Pengentasan kemiskinan, tenaga pendidik, pertanian, peternakan hingga UMKM halal kini masih mendera masyarakat Batu Bara. Tak sedikit, warga Batu Bara menjadi peminta-minta di Kota Medan dan daerah lain. Untuk mengentaskan persoalan ini dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas masyarakat dan pemimpinnya.

Pesan ini disampaikan pasangan calon Bupati Batu Bara nomor urut 1, H Darwis – Oky Iqbal Frima diacara silaturahmi bersama seratusan masyarakat Desa Pulau Sejuk, Kecamatan Datok Limapuluh, Batu Bara, Selasa malam dalm suasa kekeluargaan.

Pertemuan ini juga dihadiri Tim pemenangan Suriono ST, Ketua Marsada Roha J. Sihombing, Hamonangan Simatupang, Suwondo, Sudrajat, OK Syaiful, partai pengusungg Demokrat Azuar Simanjuntak dan partai Nasdem Batu Bara serta sejumlah tokoh masyarakat, ulama dan tokoh pemuda.

Diusiannya ke 17 tahun, Kabupaten Batu Bara belum ada apa-apanya disbanding kabupaten/kota lain di Sumut. Angka kemiskinan masih tinggi, dan hal ini dapat dirasakan oleh masyarakat itu sendiri. “Sedih kita melihatnya, masih banyak warga Batu Bara meminta-minta di Kota Medan hingga Kisaran. Hal ini disebabkan karena taka ada mata pencarian di kampung halaman,” ujar Darwis.

Untuk itu dibutuhkan komitmen seorang pemimpin yang mampu membangun dan menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus menyiapkan lahan pertanian yang dilengkapi irigasi. 

“Masyarakat punya lahan, tapi irigasinya juga harus disiapkan. Dengan begitu masyarakat dapat bercocok tanam dengan fasilitas air yang mencukupi,”pungkas Darwis, sembari mengapresiasi sejumlah kepala desa yang berani mengambil sikap hadir dalam pertemuan.

Termasuk juga dalam hal pendidikan. Selain memperhatikan kualitas pendidikan, ke depan jika kelak dipercaya, Darwis bersama Oky akan menyiapkan uang insentif bagi tenaga guru. “Kita tidak hanya memikirkan anak-anak belajar, insentif guru juga harus kita berikan sesuai dengan kebutuhan yang layak,” tegas mantan Kadisdik Batu Bara, itu.

Di sector peternakan, perkebunan hingga UMKM juga harus diperhatikan. Sektor ini sangat penting dalam mendongkrak ekonomi masyarakat Batu Bara. Darwis mengaku sudah menyusun konsep yang tepat untuk membangkit masyarakat Peternak dan Perkebunan. 

Seratusan massa berkumpul mendengarkan orasi politik cabup Batu Bara.


“Saya sudah melihat langsung peternakan di beberapa desa yang berhasil, dan konsep ini bisa digunakan pemerintah untuk diaplikasikan ke desa lain dengan hasil yang memuaskan,” ujarnya.

Disamping itu, sambung Darwis, ia juga sangat konsisten untuk mengedukasi dan menyiapkan pengurusan gratis sertifikat halal bagi pelaku UMKM local. Sertifikat halal ini sangat penting untuk melindungi pelaku UMKM yang kini bersaing ketat di pasar modern. 

“Kita berikan sertifikat halal gratis bagi UMKM local. Ini janji saya ke depan,” tukas Darwis, sembari mengapresiasi hidangan kuliner Cototan Ribbon. Pertemuan diakhiri komitmen bersama untuk memenangkan Darwis-Oky di Kecamatan Datok Limapuluh. (zein)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com