Satgas Gugus Covid-19 Langkat Pantau Kesiapan Puskesmas dan RSU Rujukan

Satgas Gugus Pencegahan COVID-19 melakukan pemantauan kesiagan di RUS rujukan PDP Corona Langkat.(Foto:MEDANmerdeka/Kominfo)

LANGKAT – Satgas pencegahan virus corona (Covid-19) Kabupaten Langkat, terus bekerja ekstra keras dalam meningatkan pengawasan dan pencegahan terhadap masayarakat, salah satunya meninjau kesiapan Puskesmas dan sejumlah RSU rujukan.

Satgas Gugus Covid-19 Langkat Kepala BPBD, Irwan Syahri, Juru Bicara dr.Arifin, dan tim Kadis Kominfo H.Syahmadi, Plt Kadis Kesehatan dr.Sofyan Armaya, Kasi Intelkom AKP.LS Siregar dan Kabag Ops Kompol Yusuf Surbakti serta tim kesehatan Polres Langkat.

Untuk menjamin kesehatan masyarakat, Bupati Langkat Terbit Rencana mengimbau Satgas Gugus Covid-19 untuk selalu memantau posko-posko Covid-19, diantaranya Kantor Dinas Kesehatan, Puskesmas yang tersebar di 23 kecamatan serta RSU rujukan untuk pasien dengan pengawasan (PDP), diantaranya RSU Tanjung Pura, Putri Bidadari, Delia, PTPN II Tanjung Selamat dan RSU Pertamina.

"Selain upaya antisipasi dan penekanan terhadap penyebaran Covid-19, pemantauan ini sekaligus untuk mengarahkan tenaga kesehatan, agar melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup sehat," kata Jubir Satgas Gugus Covid-19, dr. Arifin.

Untuk posko-posko siaga Covid-19, sambung dr Arifin, pemerintah daerah melengkapi fasilitas mobil ambulance, tim medis, obat-obatan, alat pelindung diri (APD) serta call center 24 jam.

“Tim yang bertugas di posko ini terdiri dari petugas gabungan, yakni dari Dinkes, Diskominfo, BPBD, TNI/Polri dan para tenaga medis yang siaga 24 jam,” jelasnya.

Selain itu, tim-tim medis juga disiapkan untuk melakukan pemantuan dan reaksi cepat, antisipasi penyebaran Covid-19, di masing-masing wilayah tugasnya.

Hadirkan Web Coronainfo

Ditengah merebaknya pandemic virus corona (Covid-19) di dunia, termasuk Indonesia, Pemkab Langkat melalui Dinas Kominfo dengan gerak cepat meluncurkan webside coronainfo.langkatkab.go.id.

Aplikasi Corona-Info, dihadirkan untuk menjawab keresahan masyarakat untuk mendapatkan informasi ter-update terkait wabah Covid-19 di bumi Langkat, sekaligus menjawab berita dan informasi hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Terakhir, kabar tewasnya seorang warga Langkat yang disebut-sebut terjangkit Covid-19. Dengan sigap tim Satgas Gugus Covid-19 melakukan peninjauan, dan hasilnya hoax.

Kabid IKP Diskominfo Langkat, M.Faisal memantau webside coronainfo.langkatkab.go.id, seputar informasi Covid-19, baik tingkat daerah, provinsi, nasional hingga dunia.(Foto:MEDANmerdeka/Kominfo)

Kadis Kominfo Langkat H.Syahmadi mengatakan, kehadiran aplikasi ini dapat diakses langsung oleh masyarakat sebagaimana intruksi Bupati Terbit Rencana PA, yaitu di link coronainfo.langkatkab.go.id.

Syahmadi meyakini, webside coronainfo.langkatkab.go.id merupakan webside pertama di Sumut. “Informasi-informasi yang diupdate merupakan informasi penting dan bersumber dari informasi resmi pemerintah,” tegas Syahmadi.

Aplikasi ini dihadirkan merupakan kerjasama Bidang Pengembangan Teknologi Aplikasi dan Informatika (PTAI) dengan Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo, untuk menjawab keresahan dan memudahkan masyarakat Langkat, mendapat info terupdate terkait Covid-19.

Hal senada juga ditegaskan Kabid IKP Diskominfo, M.Faisal didampingi Kasi Infrastruktur PTAI Diskominfo, Ibadi Rahman. Dijelaskannya, aplikasi dibangun dalam waktu cepat oleh staf programer Diskominfo Langkat.

Dalam aplikasi ini menampilkan jumlah warga Langkat yang ditetapkan menjadi ODP (Orang Dalam Pengawasan), PDP (Pasien Dalam Pemantauan) atau suspek Corona serta warga positif corona.

“Selain menyampaikan infromasi di Kabupaten Langkat juga terdapat kasus corona di tingkat provinsi, nasional dan serta totak kasus di dunia berdasarkan data WHO,” ujarnya.

Selain itu, kata Faisal, aplikasi ini juga menampilkan call canter info corona Kemenkes RI dan Posko Covid-19 Dinkes Langkat. Serta memberikan info lima lokasi RSU rujukan untuk PDP corona di wilayah Langkat, sekaligus kontaknya.

Informasi-informasi yang disuguhkan diupdate setiap hari mulai pukul 12.00 hingga 17.30 WIB. Pengembangan ke depan, aplikasi akan dilengkapi Tanya jawab seputar wabah COvid-19 yang diasuh Satgas Gugus COVID-19 Langkat.

Untuk meningkatkan sosialisasi pencegahan Covid-19, Bupati Langkat Terbit Rencana melalui Diskominfo melakukan sinergitas dengan delapan radio lokal selama seminggu.

Adapun stasiun radio yang bekerjasama diantaranya Senandung Langkat (SLI), siaran Pemda Langkat, Cirana Indah Alam Bana, Swara Brandan Berseri, Anggraini Kalamaira (AKA FM), Swara Langkat Persada (SLTP AM) dan radio Rakom Jore.

Komentar

Loading...