Kualitas Pengemasan Produk Mendongkrak Nilai Jual

Medanmerdeka.com – Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terkadang menyepelekan pengemasan atau packing suatu produk padahal pengemasan yang baik dan tahan lama mampu mengangkat atau mendongkrak nilai jual produk tersebut, sehingga pemasaran produk itu sendiri akan semakin berkembang.Dan ini tentunya akan meningkatkan pendapatan atau omset si pelaku UKM.

Hal tersebut disimpulkan Bismi M. Amanu, S.Sos, Konsultan Packaging & Tentor Packaging dalam acara Perlunya Memahami Kemasan Produk  bagi Pelaku UKM, di  Inlight Traineng Center, Jalan Pasar 1, Tanjung Sari, Medan, baru baru ini.

Dijelaskan Bismi, dengan memahami proses pengemasan yang baik juga pada akhirnya mengurangi pengeluaran biaya atau cost suatu produk. Berbagai bahan baku kemasan seperti plastik, kotak karton, kaca dan atom bahkan stiker bentuk dan letak posisinya harus disesuaikan sehingga gampang dan lebih jelas konsumen melihat produk dalam kemasan tersebut.

“Pengepakan atau packing ini jangan dipandang sebelah mata termasuk peletakan stiker berisikan penjelasan Halal, komposisi bahan baku produk hingga keterangan produk lainnya. Ini kan ada nilai estetikanya, dan hasilnya justru akan meningkatkan pendapatan, artinya mengurangi cost produk itu sendiri,” ungkap Bismi didampingi, Direktur AR Desain, Arliansyah Dalimunthe dihadapan para peserta training yaitu pelaku usaha UKM.

Menurutnya, penampilan kemasan itu adalah penting, sehingga para pelaku usaha berusaha untuk mencari informasi bagaimana mengepak produk yang baik, tahan lama/awet dan higenis.

“Kalau di Jawa itu, para pelaku UKM berlomba mencari informasi dan ikut pelatihan tentang praktek pengepakan produk yang berkualitas, tapi saya belum melihat animo para pelaku UKM di Sumut belum seperti di  Pulau Jawa,” ujar Bismi didampingi Direktur Utama PT. Sinergi Cahaya Indonesia/Indonesia Lihgt Institute, Rakhmat Junaidi, ST,MCH.(am/mm)

Comment