200 Pelaku UKM Ikuti Sosialisasi Sistem Standarisasi dan Sertifikasi Ekonomi Kreatif

Medanmerdeka.com – Sedikitnya 200 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) mengikuti sosialisasi sistem standarisasi dan sertifikasi kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) ekonomi kreatif di Hotel Hermes, Medan, Jumat (21/9/2018).

Sosialisasi itu dilakukan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan Forum Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) dalam menargetkan para pelaku ekonomi kreatif dapat diandalkan dan berkembang pesat hingga menjadi tulang punggung perekonomian.

Anggota Komisi X DPR RI membidangi Pendidikan, Sofyan Tan menjelaskan sosialisasi ini dilakukan untuk mengetahui standarisasi dan sertifikasi ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara agar dapat berkembang sesuai dengan aturan yang ada. “Harapan kita tertumpu kepada pariwisata. Tentu dengan kekayaannya itu keuntungan bagi Indonesia. Kalau tidak dikelola dengan baik maka akan buntung, bukan untung. Jadi bagaimana cara kita untuk mengelola dengan baik agar turis mancanegara dapat mencicipinya. Jadi harus ada standarnya,” terangnya saat membuka acara sosialisasi tersebut.

Sementara itu, Ketua Forum Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP), Soekamto Djatmiko menuturkan untuk kegiatan sosialisasi itu telah diikuti 200 undangan secara umum berasal dari Medan maupun luar Kota Medan. “Semoga sosialisasi ini dapat bermanfaat dan berguna dengan hadirnya para pembicara kita,” ujarnya. (may/mm)

Comment