Bupati Zahir Desak Pemerintah Tutup Pelabuhan BICT Belawan

Bupati Batubara Ir H Zahir M.AP mendesak pemerintah untuk menutup BICT Belawan dan focus dengan Pelabuhan Kuala Tanjung, Batubara, dalam FGD bersama Pelindo 1 Belawan.(Foto: MEDANmerdeka/Ist)

MEDAN - Bupati Batubara Ir. H Zahir MAP mendesak pemerintah pusat menyiapkan regulasi untuk menutup pelabuhan Belawan International Container Terminal (BICT) Belawan. Hal ini harus diputuskan agar pemerintah fokus pada proyek strategis nasional Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara

Sikap tegas Zahir disampaikan dalam Forum Group Diskusi (FGD) antara Pemkab Batubara, pemerintah pusat, provinsi Sumatera Utara, pengusaha, asosiasi, dan kanwil Bea Cukai, di gedung Pelindo 1 (Persero), di Belawan, Kamis (3/10/2019).

“Kita menunggu sikap tegas pemerintah pusat. Jika tidak, maka akan membuat para investor ragu untuk berinvestasi di proyek strategis nasional Pelabuhan Kuala Tanjung, Batubara. Dengan begitu, maka Peraturan Presiden  No 81 tahun 2018 tentang percepatan operasional pembangunan industri dan Pelabuhan Kuala Tanjung akan tertunda,” katanya dalam forum.

Hal ini, sambung politisi PDI Perjuangan tersebut sudah dialami PT. Asian Agri, yang sejak tahun 2017 telah mengalokasikan anggaran Rp120 miliar, namun tanah yang diminta untuk kebutuhan tertunda karena Pelindo 1 belum mampu menyediakan lahan yang dibutuhkan.

Selain itu, sejumlah investor China dan Korea juga sudah meninjau proyek strategis nasional Pelabuhan Kuala Tanjung. “Ya jadi persoalannya sama. Untuk itu saya berharap, pemerintah pusat tegas dalam melakukan kebijakan demi kesejahteraan masyarakat,” harap Zahir.

Hingga kini, Zahir sudah menggagas ruang kawasan industri di luar kawasan industri Pelindo 1, termasuk kawasan industri pengolahan limbah dan Depo di lingkaran 2.

“Proyek strategis nasional ini salah satu kunci utama bangkitnya kesejahteraan ekonomi masyarakat Batubara, termasuk terbukanya peluang lapangan pekerjaan bagi generasi muda,” ujarnya.

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga