DPD AKLI Sumut Dukung Pembangunan Pembangkit 35.000 MW

Medanmerdeka.com – Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia Sumatera Utara (DPD AKLI Sumut ) siap mendukung program pemerintah dalam pembangunan bidang  pembangkit listrik 35.000 mega watt (MW).

Pernyataan ini dikatakan Ketua DPD AKLI Sumut Parlaungan Simangunsong, usai dilantik  Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (Ketum DPP AKLI) Suharto Selasa (27/2/2018) malam, di Ballroom Hotel Emerald Garden Jalan Putri Hijau Medan.

Menurutnya, dukungan ini guna mewujudkan ketersediaan listrik yang memadai, merata dan harga terjangkau karena akan meningkatkan pertumbuhan investasi dan ekonomi masyarakat. Untuk itu, salah satu program prioritas pemerintah di bidang ketenagalistrikan adalah program pembangunan pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW) yang harus kami dukung,”ujarnya.

Selain mendukung program pembangunan pembangkit 35.000 MW pihaknya juga siap mendukung program pemerintah dalam bidang energy terbarukan, sebagai asosiasi penyedia jasa ketenagalistrikan sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kami untuk mendukung pemerintah dalam bidang ini,”paparnya.

Karena AKLI yang telah terbentuk 32 tahun lalu dan telah memiliki sertifikasi dan akreditasi yang diatur dalam regulasi perundang undangan negara kita merupakan mitra Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan telah teruji dan memiliki kompetensi seluruh anggotanya di tiap kabupaten/kota di Sumatera Utara,”tegasnya

Parlaungan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus Dewan Pimpinan Cabang AKLI Kabupaten/Kota yang telah memilihnya secara aklamasi dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pengurus AKLI Sumut beberapa waktu lalu.

GM PLN Sumbagut Tedi Joko Prihartono dalam kesempatan ini juga berharap kepada pengurus DPD AKLI Sumut baru dilantik, agar membawa AKLI ke arah professional karena AKLI bagi PLN, meskipun banyak asosiasi ketenagalistrikan bermunculan saat ini, namun AKLI memiliki tempat dan ruang tersendiri bagi PLN.

Selain professional AKLI juga dituntut  membentuk corporate image, identity, performance ,dan behaviour karena ini perlu dilakukan agar para personil AKLI menata dirinya sehingga terlihat lebih lebih baik lagi, dalam hal memberikan pelayanan jasa dalam ketenagalistrikan kepada masyarakat, dan apakah hasil kerjanya sudah memuaskan bagi masyarakat,”pintanya.

Selain GM PLN, Ketua Umum DPP AKLI Suharto juga mengatakan bahwa saat ini tercatat anggota AKLI diseluruh Indonesia sebanyak 7300 orang dan sesuai amanat dari pada Undang Undang No 30 Tentang Ketenagalistikan, seluruh anggota harus memiliki sertifikat dan badan usaha yang telah terakreditasi dalam setiap jenis pekerjaan kelistrikan,”terangnya.

Untuk mewujudkan ini pihaknya siap melayani anggota untuk melakukan sertifikasi dan akreditasi guna memenuhi ketentuan perundang undangan tersebut, sehingga dapat mewujudkan program melistrikan seluruh wilayah di pedesaan dan perkampungan di Indonesia,”harapnya.

Ketua Masyarakat Kelistrikan Indonesia (MKI) Parlindungan Purba dalam kesempatan ini juga berharap kepada pengurus yang baru dilantik, agar dapat menguasai teknologi untuk dapat survive ditengah era digitalisasi saat ini dan meminta kepada anggota AKLI untuk dapat juga bagaimana caranya menghindari akan bahaya kebakaran.

Sementara itu, Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu juga mengharapkan kepada pengurus AKLI Sumut yang baru dilantik agar mau membangun kelistrikan didaerah pedesaan,jangan daerah perkotaan saja yang dibangun, karena masih ada daerah di Sumatera Utara, meskipun Indonesia telah merdeka 72 tahun lalu.

Namun saat ini masih ada daerah yang baru beberapa hari yang lalu menikmati manfaat terangnya listrik,”ujarnya.

Dirinya juga mengingatkan kepada PLN agar segera menjual kelebihan 140 MW tenaga listik di Sumut kepada pihak yang membutuhkan dengan cara menjemput bola, karena ini nantinya akan menyulitkan PLN sendiri jika tidak cepat terjual, ikuti teknik menjual asuransi agar kelebihan pasokan listik ini bisa cepat terjual kepada yang membutuhkannya, jangan tunggu mereka datang,”tegas Gus Irawan.

Selain itu dirinya juga menceritakan bahwa Sumut memiliki potensi luar biasa, karena memiliki potensi panas bumi didaerah Batang Toru yang dapat menghasilkan 1000 MW tenaga listrik, karena sangat sayang kalau sumber daya alam yang ada samakita ini tidak dimanfaatkan,”jelasnya.

Selain pengurus kabupaten/kota pelantikan DPD AKLI Sumut ini juga dihadiri, Sekda Propsu Ibnu Hutomo para GM PLN dan ratusan undangan lainnya dan acara dimeriahkan dengan hiburan nyanyian dan tarian si gale gale.

Adapun susunan pengurus DPD AKLI Sumut yang baru dilantik yakni, Ketua Parlaungan Simangunsong, Sekretaris H.Lilik Ismadi, Wakil Sekretaris Edi Warman, Bendahara Williem Leo,Wakil Bendahara Nini S.

Ketua I Bidang organisasi M Rusli, Wakil Ketua I Raja Gurning, Ketua II Zoelham, Wakil Ketua II Boy Hendrik Simangunsong, Ketua III Ray P Sitorus, Wakil Ketua III Gozali, Yeni S Lubis, Zulham Nasution,.

Ketua IV Bidang SDM, Hotman Sirait, Marihat, M Darmais, Ketua V Bidang Hukum dan Advokasi Julina Turnip, Wakil Ketua I Parlin Sihombing dan Wakil Ketua II M Tohir Siregar.(am/mm)