Investor Lirik Kopi Khas Pakpak Bharat


Medanmerdeka.com - Produksi pertanian Kabupaten Pakpak Bharat menjadi incaran investor. Sejumlah perusahaan swasta mulai melakukan beragam kerjasama, salah satunya komoditi varietas kopi.

Selasa kemarin, Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu menyambut langsung kehadiran investor Koji Takahashi dan Yohannes Chandra dari PT Varion Capital Management, Beny Lim dari PT TLH Logistics, dan Wang Mariyo dari PT Sukses Sinar Jaya.

Para investeror ini diterima langsung Bupati Remigo di ruangan Sindeka, Kantor Bupati didampingi Asisten Administrasi dan Pembangunan, Supardi Padang, Ka. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sunardi, Direktur PD PAL, Tigan Solin, Selasa kemarin.
“Kami selalu terbuka bagi investor, dan yakinlah Pakpak Bharat tidak akan mempersulit investor yang menanamkan modalnya,” kata Bupati Remigo.

Para investor yang hadir lebih tertarik dalam bidang komoditi varietas kopi arabika. Seperti dikatakan Direktur PD PAL, Tigan Solin, pihak investor pada umumnya berniat untuk menampung kopi petani dalam bentuk gabah basah. “Pertemuan kali ini tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya,” terang Tigan Solin.

Bentuk kerjasama yang digagas yaitu, investor akan melakukan MoU dengan PD PAL sekaligus memberikan bantuan berupa mesin. Dalam kerjasama ini, PD PAL akan melakukan target trading 6 ton green bean setiap bulannya. “Tentunya PT PAL akan membeli gabah kopi petani di atas harga pasar dengan begitu makan akan meningkatkan pendapatan petani kopi Pakpak Bharat,” pungkasnya.

Lumbung-lumbung kopi Pakpak Bharat yang terdata berada di Kecamatan Siempat Rube, Sitellu Tali Urang Julu dan Salak. “Empat kecamatan ini sudah bisa menghasilkan 2,5 ton setiap minggu, jika musim panen bisa dua kali lipat hasilnya, ” jelasnya.

Dikatakan Tigan Solin, kopi Pakpak Bharat memiliki cita rasa khas, karena dipengaruhi iklim dan alam yang baik. Ke depan, sambungnya, PD PAL akan mengeluarkan roasting produk turunan kopi untuk memenuhi kebutuhan pasar.  “Pertanian di Pakpak Bharat, khususnya tanaman kopi akan semakin bergairah, dan itu mencerahkan kehidupan para petani”, tandasnya mengakhiri,” pungkasnya.(am/mm)

Penulis:

Baca Juga