PDAM Sumbangkan PAD Rp10 M dan Lunasi Utang ke Pemprovsu

Medanmerdeka.com - PDAM Tirtanadi merupakan salah satu BUMD milik Provinsi Sumatera Utara terus berupaya meningkatkan prestasi kinerja satu diantaranya pada 2018 turut berkontribusi menyumbangkan pendapatan asli daerah sebesar Rp10 Miliar dan melunasi tunggakan utang ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Penegasan ini disampaikan Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo kepada wartawan, Selasa (23/01/2018), dalam pertemuan silahturahmi dengan insan pers yang berlangsung di Aula Pertemuan PDAM Tirtanadi.

Didampingi Direktur Keuangan, Arif Hardiyan, Direktur Air Bersih, Delviyandri, Direktur Air Limbah, Hari Batang Hari dan Kepala Sekretaris Perusahaan PDAM Tirtanadi, Jumirin, Sutedi menyebutkan selain pencapaian kontribusi kepada pemerintah provinsi bahkan dari keuntungan yang diperoleh bisa membiayai gaji kepada para pegawai dan honorer untuk enam bulan ke depannya tanpa perlu bekerja.

Senada dengan itu, Direktur Keuangan Arif Hardiyan juga membenarkan selain berhasil membayar seluruh hutang kepada negara dan usaha senilai Rp280 Miliar di 2017 kemarin, pihak PDAM Tirtanadi juga memperoleh keuntungan Rp42 Miliar dari total bersih keuntungan dari total usaha sebesar Rp61 Miliar.

Ini merupakan komitmen dari jajaran direksi dalam meningkatkan kesejahteraan pegawai yang tentunya berbarengan dengan meningkatkan mutu pelayanan.

Pencapaian-capaian ini pun juga diamini oleh Direktur Air Limbah, Hari Batanghari yang memaparkan bahwa hasil pengelolaan limbah bisa menghasilkan pupuk untuk tanaman, dan pengelolaan air bersih dari proses penataan limbah dengan membuatkan kolam ikan.

“Artinya limbah-limbah yang dikelola dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, nah dengan ada budidaya ikan dan ikan berhasil hidup ini menunjukan bahwa program telah berhasil,”ucap Hari.

Masih dalam pertemuan silahturahmi, para jajaran direksi dengan insan pers, Delviyandri menuturkan pihaknya juga berupaya peningkatan pelayanan.

Satu diantaranya kemudahan bagi para pelanggan PDAM Tirtanadi sudah bisa melakukan pemasangan baru secara online termasuk dalam pembayarannya.

Dalam pertemuan itu, Direktur PDAM Tirtanadi menyebutkan terus melakukan berbagai inovasi sehingga pelayanan yang diberikan bisa secara maksimal.(am/mm)