Simalungun Manfaatkan 2000 Hektare Lahan Tidur Menjadi Kebun Kopi

ilustrasi/net
ilustrasi/net

SIMALUNGUN – Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, bakal menjadi sentra produksi kopi. Untuk mendorong upaya ini, 2000 hektare lahan tidur akan dimanfaatkan sebagai perluasan perkebunan kopi di tahun 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pertanian Pemkab Simalungun, Jan Posman Purba mengatakan perluasan areal perkebunan kopi di sentra produksi kopi di Kecamatan Silimakuta diharapkan mampu meningkatkan produksi kopi di Kabupaten Simalungun.

“Kopi Silimakuta sudah sangat diminati pecinta kopi seperti Starbuck  di Amerika Serikat, Prancis, Jepang, Hongkong, Philipina dan Thailand. Semua itu hasil produksi tangan-tangan petani Simalungun.” Kata Jan.

Hingga saat ini, kebun kopi di Kabupaten Simalungun baru mencapai 18.850 hektare dengan jenis kopi Arabika dan Robusta dengan produktif rata-rata 9.260 ton per tahun, sehingga diharapkan dengan adanya perluasan areal perkebunan kopi di Saribudolok produksi kopi minimal bisa meningkat 30 % dari sekarang ini.

Pemanfaatan 200 hekar lahan kosong untuk kebun kopi ini disambut baik anggota DPRD Simalungun asal pemilihan kecamatan Silimakuta. “Ini langkah baik dalam mendorng petani. Daripada selama ini dibiarkan menjadi lahan terlantar lebih baik dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkas Balker.(davis/mm)

Penulis:

Baca Juga