TPID Hutaimbaru Tekan Inflasi Demi Pertumbuhan Ekonomi Desa

EKONOMI DESA :Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Martuani Siregar didampingi Bendahara Amirdansyah Siregar.(foto:Anwar/mm)
EKONOMI DESA :Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Martuani Siregar didampingi Bendahara Amirdansyah Siregar.(foto:Anwar/mm)

Medanmerdeka.com - Inflasi yang rendah dan stabil merupakan hal penting bagi pertumbuhan ekonomi berkesinambungan untuk meningkatkan kesejahteraan sekaligus berdampak positif bagi daya beli di masyarakat.

Hal ini diungkapkan Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Martuani Siregar didampingi Bendahara Amirdansyah Siregar di Hutaimbaru kepada medanmerdeka.com, Kamis (15/11/2018).

"Inflasi yang rendah dan stabil, juga kondusif bagi para pelaku ekonomi untuk mengambil keputusan dalam melakukan kegiatan ekonomi, dengan demikian berdampak positif kepada pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di kecamatan ini," kata Martuani.

Menurut Martuani, Inflasi yang cenderung tinggi berkaitan erat dengan besarnya variabel biaya yang harus dikeluarkan dalam aktivitas kegiatan ekonomi, yang pada gilirannya menentukan tingkat efisiensi suatu perekonomian.

Besarnya variabel biaya “ekstra” yang harus dikeluarkan oleh pelaku usaha ini akan mempengaruhi keputusan bisnis pengusaha dalam melakukan ekspansi dan atau berproduksi. Situasi pergerakan inflasi yang berfluktuasi secara tajam menimbulkan ketidakpastian bagi pengusaha dalam menentukan rencana bisnisnya.

"Kami menyadari, disamping membangun kapasitas desa yang berkelanjutan, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Tingkat Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru musti mampu melakukan berbagai terobosan dalam mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan," kata Martuani.

Lebih lanjut Martuani mengatakan, Bursa Inovasi Desa merupakan bagian dari informasi, promosi, serta forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau berbagai inovasi masyarakat, yang dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa, guna menjadi solusi kegiatan pembangunan desa.

Dan terkait kelembagaan TPID Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, sambung Martuani, personil keseluruhan berjumlah tujuh orang, dimana penetapannya melalui SK dan ditandatangani langsung oleh Camat Padangsidimpuan Hutaimbaru, urai Martuani.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga