Banjir Kiriman Rendam Ratusan Rumah Warga di Tapian Dolok

Hujan deras dan banjir kiriman merendam pemukiman penduduk dan fasilitas umum di Kecamatan Tapian Dolok, Simalungun. (Foto/Ist)

SIMALUNGUN – Seratusan pemukiman penduduk di Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, terendam banjir. Bahkan, banjir kiriman yang disertai hujan deras Kamis (3/12/2020) ini mengakibarkan beberapa rumah tenggelam.

Camat Tapian Dolok Sakhban Saragih mengatakan, di Desa Purba Sari rumah yang sempat terendam banjir mencapai 213 unit dan 15 unit dan Desa Dolok Maraja namun banjir sudah surut, sedangkan di Kelurahan Sinaksa hingga Kamis (3/12/2020) petang masih terendam sebanyak 46 unit.

Selain karena hujan deras pada Rabu (2/12/2020) sumber air juga berasal dari banjir kiriman dari hulu, namun  di Desa Purba Sari banjir sudah  surut,rumah yang masih terendam sebanyak 46 unit di kelurahan Sinaksak.

Salah seorang warga Kecamatan Tapian Dolok, Wagirin mengatakan, sejak adanya proyek pembangunan jalan tol di daerah itu banjir di pemukiman warga sering terjadi jika hujan deras. "Sejak ada pengerukan untuk proyek jalan tol di kecamatan Tapian Dolok, sering banjir di pemukiman warga jika hujan deras," sebut Wagirin.