Bupati Zahir Terbitkan Perbup Larangan Mudik Lebaran, yang Melanggar Dijatuhi Sanksi

Bupati Batubara Ir.H.Zahir MAP didampingi Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis. (foto:mm/ist)

LIMAPULUH - Bupati Batubara Ir.H.Zahir MAP mengimbau warga untuk tidak mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Imbauan ini disampaikan Bupati Zahir melalui Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 53 Tahun 2021, tentang Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dalam upaya Pengendalian Penyebaran COVID-19 di Batubara.

"Peraturan ini kita keluarkan dengan maksud untuk mengatur mobilitas masyarakat dan mengoptimalkan fungsi Posko COVID-19 di Kelurahan dan Desa serta untuk pemantuan, pengendalian, dan evaluasi untuk menekan penyebaran pandemi COVID-19 khususnya di Batubara," tegas Zahir.

Dijelaskan Politisi PDI Perjuangan ini, larangan mudik berlaku bagi masyarakat yang akan masuk dan keluar dari Batubara, baik yang menggunakan moda transportasi darat maupun laut.

Dan yang diperkenankan masuk Batubara hanya transportasi distribusi logistik dan pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak yaitu bekerja/perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan keluarga meninggal, orang sakit dan ibu hamil yang didampingi 1 orang anggota keluarga serta kepentingan persalinan yang didampingi maksimal 2 orang.

"Semua masyarakat yang akan masuk dan keluar dari Kabupaten Batu Bara harus dilengkapi dengan Surat Izin Keluar / Masuk (SIKM)," tegas Zahir.

Bagi pelanggar peraturan maka akan dijatuhi sanksi, berupa adiministrasi, sanksi sosial, sanksi denda sampai kepada kurungan dan/atau pidana sesuai peraturan perundang - undangan yang berlaku.

Sikap tegas Bupati Batubara didukung Kapolres AKBP Ikhwan Lubis dalam mengendalikan pandemi COVID-19. "Polres Batubara sangat mendukung Peraturan Bupati Nomor 53 Tahun 2021 ini, mengingat COVID-19 di dunia masih ada. Oleh karena itu mari sama-sama kita pedomani peraturan ini dan tidak melaksanakan mudik di Hari Raya Idul Fitri nanti yang merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam menekan penyebaran virus Covid 19 khususnya di daerah Batubara," kata Kapolres.

Komentar

Loading...