Dini Hari, 8 Tahanan RTP Polres Sergai Kabur, Kapolres Pimpinan Pengejaran

Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang turun langsung memburu tahanan kabur hingga ke Desa Sei Rampah, Minggu (22/11/2020). (Foto: MEDANmerdeka/Rasum)

SERGAI - Sebanyak 8 Tahanan RTP Polres Sergai melarikan diri setelah merusak jeruji besi di atap plapon blok C, Minggu (22/11/2020) sekira pukul 03.30 WIB, dini hari.

Kaburnya tahanan ini pertama kali diketahui tahanan lain, kemudian dilakukan pengejaran oleh petugas jaga. Tahanan yang kabur masing-masing berinsial ZM, ES, MY, IL, SK,RP, PAP, dan MA.

Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang langsung memimpin penyisiran memburu para tahanan yang kabur. “Malam itu seorang tahanan yang sedang mengambil air wuduk melaksanakan salat tahajud kaget melihat tahanan Blok C kabur, kemudian dilaporkan kepada petugas jaga,” kata Kapolres, disela-sela memburu para pelaku.

Dijelaskan Kapolres, selama ini RTP Polres Sergai sudah over kapasitas dengan jumlah 222 tahanan menempati 4 blok. Padahal idealnya masing-masing blok menampung 15 tahanan dengan total 60 tahanan secara keseluruhan.

Sementara ruang tahanan ini dijaga oleh 4 dari Sat Sabhara, 8 personil dari Intel,Reskrim, Lantas dan Sat Narkoba ditambah ada Perwira Pengawas (Pa Was) dan Perwira Pengendali ( Pasal), dan semua itu sesuai SOP sudah kita mintai keterangan dan pertanggung jawabannya.

Ke delapan tahanan ini terdiri dari 5 orang tahanan Polres, dan 3 lainya sudah jatuh vonis. “Yang jatuh vonis ini hanya menunggu beberapa bulan lagi bebas,” terangnya.

Hingga kini tim gabungan Polres Sergai hingga jajaran Polsek masih melakukan pengejaran. Dan kepada pihak keluarga dan tahanan agar diimbau untuk menyerahkan diri secepatnya.