Gubsu Resmikan Gedung Olahraga & Letakkan Batu Pertama Gedung MTQ Sumut

Medanmerdeka.com – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi meresmikan gedung-gedung olahraga di Sumut Sport Center dan peletakan batu pertama pembangunan Gedung MTQ Sumut, Jalan Willem Iskandar/Jalan Pancing Medan, Rabu (6/6/2018).

Peresmian gedung-gedung olahraga itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemberian nama masing-masing gedung dengan nama-nama para mantan gubernur dan tokoh Sumatera Utara (Sumut). Diantaranya, Gedung Serba Guna diberi nama Gedung T Rizal Nurdin, Gedung Olahraga Futsal diberi nama HT Erry  Nuradi, Gedung Olahraga Bowling Hj Rayari Syafrin, Stadion Mini Kaharuddin Nasution, Kolam Renang Marah Halim Harahap dan lainnya.

Gubsu Erry Nuradi dalam sambutannya mengatakan, pemberian nama-nama gedung olahraga dengan nama gubernur dan tokoh Sumut untuk mengenang sejarah perkembangan olahraga dan menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi ke depan. “Negara maju adalah mereka yang selalu mengingat nama pahlawan atau gubernurnya, karena bangsa besar adalah yang mengenang sejarah dan menghargai jasa para pendahulunya,” katanya.

Erry Nuradi menjelaskan, bahwa areal Sumut Sport Center awalnya diperuntukan sebagai kantor Gubsu pada zaman Kaharuddin Nasution. Namun karena tidak jadi tahun 1988, maka lokasi yang luasnya 40 hektar dan tidak dimanfaatkan secara maksimal itu sempat dipergunakan sejumlah kantor/instansi diantaranya Dinas Tarukim, Disporasu.

Kedepannya, gedung tersebut akan dibuat sebagai penginapan atau wisma  atlet. “Mengingat beberapa tahun ke depan akan diadakannya PON, sangat berguna untuk atlet  yang nantinya datang dan bertanding, tidak lagi repot mencari penginapan,” katanya.

Di kesempatan itu, Erry Nuradi Gubsu juga melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dibangunnya Gedung MTQ Tingkat Nasional, yang juga akan menjadi lapangan untuk kegiatan lainnya bagi Pemprovsu. “Mengingat Lapangan Merdeka itu punya Pemko Medan dan Lapangan Benteng dikelola oleh TNI, maka insya Allah areal gedung MTQ  luasnya sekitar 3,4 hektar dan berada di komplek Sumut Sport Center akan digunakan dan dikelola oleh Pemprovsu,”ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Kadisporasu Baharuddin Siagian. Menurutnya, lokasi tersebut akan menjadi ruang terbuka hijau dan untuk masyarakat yang umum. Selain sarana olahraga dan di bangun lapangan, ada juga Gedung MTQ Nasional.

“Di komplek Sumut Sport Center ini juga di bangun gedung yang tahun ini dijadikan tempat pembukaan dan diselenggarakan MTQ Nasional, dan selanjutnya akan dipakai untuk  kegiatan Pemprovsu,” ujar Baharuddin.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Inspektorat Provsu OK Henry, Kadis PSDA Provsu Lukman Hakim, pengurus KONI Sumut serta sejumlah organisasi pemuda.(am/mm)

Comment