Hasan Asal Batubara Bertahan Hidup di Istana Gerobak Kota Sidimpuan

Hasan Basri duduk di Istana Gerobaknya di Kota Padangsidimpuan. (Foto: MEDANmerdeka/Amir)

BELUM terdengar pekikan Indonesia Mmerdeka, Hasan Basri Siregar sudah merantau dari Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara ke Kota Padangsidimpuan. Hingga diujung senja usianya, “kemerdekaan” itu belum jua ia rasakan.

Jangankan sepetak tanah, pria sebatang karang yang sudah berusia 83 tahun, ini terpaksa tidur di gerobak bekas jualan pemberian orang yang kasihan kepada dirinya. Bahkan, identitas diri (KTP) yang berkali-kali diusulkannya bahkan tak pernah ia dapatkan.

Untuk menyambung hidup, Hasan Basri sehari-hari mencari barang bekas, seperti kardus maupun botol air mineral. Hasil pencarian ini kemudian dia jual, yang hasilnya dibelikan makanan sehari-hari.

“Kalau tidak ada pendapatan mencari barang bekas, terpaksa saya menahan lapar. Tapi jarang, ada saja nanti yang mengantarkan makanan buat saya,” kata Hasan, yang disambangi sembari duduk dipintu masuk gerobaknya di Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Wek IV, tepatnya di dekat pagar Masjid Raya Al-Abror Kota Padangsidimpuan, Sumatera.

Memang diakui Hasan, kondisi kesehatanya kini mulai menurun karena factor usia. “Kalau dikutkan sudah pasti badan ini sudah tak tahan, tapi kalau tak memulung saya mau makan apa,” katanya dengan mata menerawang memikirkan sesuatu, Senin (14/9/2020).

Hasan mengaku sebatang kara, sedangkan daerah kelahirannya di Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara. “Sebelum kemerdekaan, saya sudah merantau. Saya sekarang tinggal sendiri tidak ada siapa-siapa,” katanya, lirih.

Sebenarnya Hasan ingin hidup seperti yang lain, bahkan mendapatkan bantuan program pemerintah. Namun keinginan pria sebatang kara ini terganjal. Walaupun sudah puluhan tahun hidup di Kota Padangsidimpuan, sampai sekarang tidak pernah punya identitas diri seperti KTP.

“Sudah berkali-kali saya datang ke kantor lurah, tapi tidak ada yang menggubris. Mungkin karena saya orang gak punya,” katanya dengan mata berkaca-kaca.