Hujan, Ribuan Rumah di Kota Tebing Tinggi Terendam Banjir

Banjir di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Jumat. (ANTARA/HO)

TEBING TINGGI - Sedikitnya 3.122 kepala keluarga (KK) di lima kecamatan di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara terdampak banjir akibat meluapnya sungai Padang yang berada di kota, Jumat (27/11/2020).

"Korban atau rumah yang tergenang akibat banjir sementara sebanyak 3.122 KK. Itu sementara, karena sampai saat ini debet air masih terus meningkat diperkirakan korban akan bertambah," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tebing Tinggi Wahid Sitorus, sebagaimana dilansir dari Antaranews.com.

Ia menyebutkan bahwa meluapnya Sungai Padang di Kota Tebing Tinggi diakibatkan intensitas curah hujan sangat tinggi.

Adapun lima kecamatan terendam banjir yakni Kecamatan Padang Hulu, Padang Hilir, Rambutan, Bajenis, dan Tebing Tinggi Kota.

Dari lima kecamatan yang terendam banjir, kata Wahid, Kecamatan Bajenis terdampak paling parah. Total ada 1.451 KK dari enam kelurahan terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter."Ketinggian terparah terjadi di Kecamatan Bajenis dengan ketinggian sampai 1,5 meter dan ketinggian air sampai atap rumah warga," katanya.

Tidak hanya merendam rumah warga, banjir juga menggenangi kawasan jalan raya dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Namun, masih bisa dilalui kendaraan roda dua seperti sepeda motor.

Brimob Turun Bantu Warga

Satuan Brimob Polda Sumatera Utara mengirimkan sejumlah personel ke lokasi banjir di Kota Tebing Tinggi."Sebanyak 25 personel Brimob Batalyon B Pelopor Tebing Tinggi yang turun ke lokasi banjir," kata Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sumut Kombes Pol Abu Bakar Tertusi.

Ia menyebutkan bahwa para personel dikerahkan untuk membantu proses evakuasi baik warga maupun barang-barang yang masih bisa dipergunakan.

"Untuk saat ini, kami lakukan evakuasi barang-barang milik warga korban banjir serta lakukan Bhakti Kebersihan di rumah -rumah warga”, tutupnya.

Para personel juga membantu mengatur arus lalu lintas di seputaran lokasi banjir guna mengantisipasi kemacetan.