oleh

JK Resmi Menutup MTQN XXVII di Sumut, DKI Jakarta Rebut Juara Umum

Medanmerdeka.com –  Wakil Presiden HM Yusuf Kalla (JK) resmi menutup MTQN ke XXVII di Sumatera Utara, Daerah Khusus Istimewa (DKI) Jakarta keluar sebagai juara umum, juara kedua propinsi Banten dan juara ketiga berhasil diraih propinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah, disusul juara – juara selanjutnya oleh beberapa propinsi lainya ditempat juara harapan satu dua dan tiga.

Pengumuman pemenang ini disampaikan Ketua Majelis Hakim Prof. Dr. HM Rum Rowy Jumat (12/10/2018) malam, saat acara penutupan MTQN XXVII di Komplek Astaka Gedung Serba Guna Jalan Williem Iskandar Medan.

Acara penutupan yang dihadiri Wakil Presiden HM Yusuf Kalla, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, kepala Daerah Propinsi serta undangan dari dalam dan luar negeri serta puluhan ribu pengunjung.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengatakan,MTQN telah sama sama kita jalani, dengan MTQN kita harapkan dapat membumikan Al Quran sebagai pedoman dan tuntunan hidup bangsa Indonesia khususnya umat Islam, dan umumnya masyarakat seluruh dunia, karena agama Islam diturunkan sebagai rahmat bagi seluruh alam dan isinya.

Gubsu juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh peserta MTQN, khususnya para kafilah yang datang dari 34 propinsi di Indonesia, jika dalam hal penyambutan dan pelayanan selama MTQ dilaksanakan di Sumatera Utara pelayanan kami kurang baik, mohon dimaafkan,”ujar Gubsu.

Dirinya juga mengharapkan bimbingan dan arahan dari Wakil Presiden dalam acara penutupan MTQ ini, dan kepada seluruh pimpinan rombongan dan para Kafilah kiranya dapat kembali kedaerah masing masing dengan selamat, dan jika kita sama sama memiliki usia yang panjang,InsyaAllah dalam pelaksanaan MTQ selanjutnya di Sumatera Barat kita dapat bertemu kembali,”harapnya.

Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya mengatakan, MTQN ke XXVII di Medan telah berakhir, setelah melalui tahapan perlombaan dari 34 rombongan kafilah dari seluruh propinsi di Indonesia.

Diharapkan dengan pelaksanaan MTQN ke XXVII di Sumatera Utara syiar kalam Illahi dapat terus menyinari kita semua, dan kesuburan untuk mencintai Alquran dapat tumbuh subur di negara kita yang kita cintai ini, serta iklim keagamaan semakin kondusif,”harapnya.

Kepada pemerintah Sumatera Utara Menteri Agama juga mengucapkan terima kasih, karena sebagai tuan rumah telah melaksanakan tugasnya dengan baik, dan kepada para kafilah yang berhasil menang saya ucapkan selamat dan kepada yang belum beruntung, saya ucapkan jangan berkecil hati,”pintanya.

Sementara itu, Wakil Presiden Yusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, bahwa ide pelaksanaan pertama MTQ pertama sekali berasal dari orang Medan yakni Muhammad Sani yang bertugas sebagai Kepala RRI di Makassar.

Muhammad Sani awalnya membuat perlombaan membaca Al Quran di RRI, kemudian dirinya mengusulkan kepada orang tua saya untuk membuat perlombaan MTQ  secara nasional, ide ini kemudian mendapat sambutan yang baik dari para pimpinan pada 51 tahun lalu di Makassar, dan pelaksanaan MTQN pertama pun dilaksnakan disana,”terang Wapres.

Wapres juga menjelaskan kalau sekarang dewan juri membacakan pemenang hampir satu jam, sedangkan dulu membacanya sebentar saja karena pemenangnya hanya enam orang saja,”jelasnya

Wakil presiden juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara yang telah melaksanakan kegiatan dengan baik dan sukses, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bendera MTQN ke XXVII kepada Menteri Agama yang selanjutnya menyerahkan kepada Propinsi Sumatera Barat selaku tuan rumah MTQN ke XXVIII di Padang Sumatera Barat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan hiburan yang menampilkan penyanyi legendaris Iwan Fals dan Kelompok Marawis, serta artis pendukung lainnya yang menghibur puluhan ribu pengunjung MTQN XXVII di lapangan Komplek Astaka Jalan Williem Iskandar Medan.(am/mm)

Komentar

News Feed