Kapoldasu: Malam Takbiran, Sumut Aman

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin.(Foto/MEDANmerdeka/Ist)

MEDAN - Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan suasana takbiran di Sumatera Utara, Kota Medan berjalan aman kondusif.

"Dari laporan seluruh personil di kabupaten/kota malam takbiran di Sumatera, aman kondusif," kata Kapolda, Sabtu (23/5/2020) malam.

Dijelaskan Martuani, dalam Perayaan Takbiran Idul Fitri 1441 H masyarakat melaksanakan di masjid masing-masing tanpa takbiran keliling kota. Hal itu, dilakukan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Ada 110 titik ruas jalan di Kota Medan yang disekat untuk mengantisipasi takbiran keliling. Alhamdulillah, imbauan ini diikuti masyarakat dengan takbiran di rumah dan masing masing-masing," terangnya.

Baca Juga: Menjelang Takbiran, Kapolres Batubara Salurkan Sembako.

Dalam pengamanan malam takbiran, Martuani menyebutkan Polda Sumut menurunkan sebanyak 11 ribu personil serta telah mendirikan 114 pos pengamanan. Di mana 25 diantaranya merupakan pos Chek Point Penyekatan untuk mengantisipasi para pemudik yang masuk atau keluar dari wilayah Sumut.

"Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari instruksi Presiden RI dan Kapolri terkait larangan mudik untuk mencegah persebaran Covid-19," sebutnya.

Martuani menambahkan, bagi masyarakat dari wilayah lain yang ingin memasuki wilayah Sumut harus memenuhi beberapa syarat diantaranya surat yang menyatakan rapid test negatif serta surat perjalanan berpergian yang jelas.

Menurutnya, bila sudah tiba di Pos Check Point perbatasan masyarakat akan diperiksa dengan dicek suhu tubuh serta kendaraan yang digunakan disemprot cairan disinfektan.

"Hingga saat ini sudah ada 800 kendaraan pemudik yang kita putar balik ke wilayahnya masing-masing dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah jumlahnya tergantung dari kedisiplinan masyarakat," pungkasnya.

Komentar

Loading...