Karyawan Supermarket Brastagi Positif COVID-19, Seluruh Karyawan Akan Dirapid Test

Supermarket Brastagi.(Foto/Ist)

MEDAN - Besok karyawan supermarket Berastagi, Jalan Jenderal Gatot Subroto Medan akan dirapid test, menyusul meninggalnya seorang kasir di supermarket tersebut.

‘’Rapid test dilakukan kepada seluruh karyawan terutama yang pernah kontak dengan kasir tersebut dan dilakukan mulai 09.00 WIB,’’ kata Kadis Kesehatan Kota Medan yang juga Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan, dr. Edwin Effendi, MSc,sebagaimana dilansir dari waspada.id, Senin (18/5/2020) malam.(Baca Juga: Dua Wanita Simalungun Positif Covid)

Seperti diketahui, Minggu (17/5), seorang kasir Berastagi Supermarket Gatsu, Chang Chen Sulastri, meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Murni Teguh Medan dengan status positif Covid-19 lewat test PCR.

Dalam kesempatan itu, Edwin menjelaskan untuk sementara belum ada kabar penutupan supermarket tersebut. Namun besok karyawan supermarket Berastagi Medan dirapid test. ‘’Lihat perkembangan besok, penutupan supermarket bisa saja dilakukan,’’ jelasnya.

Baca Juga: Pedagang Keliling Kota Pematangsiantar Positif Corona

Secara terpisah, Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Mayor Kes dr Whiko Irwan, D, Sp. B mengatakan, tidak hanya karyawan Berastagi Supermarket, seluruh warga yang pernah kontak dengan kasir tersebut harus datang untuk dirapid test.

Sebelumnya juga beredar surat Kepala UPT Puskesmas Rantang, dr Fauziah tertanggal 15 Mei 2020 yang ditujukan kepada Camat Petisah, prihal Permohonan Kerjasama.

Surat bernomor 445/235/PKMR/V/2020 berisikan pemberitahuan kepada Camat Medan Petisah terkait hasil Swab Corona Positif seorang pegawai Brastagi Swalayan Gatot Subroro berinsial YHS.

Sesuai protap maka wajib melakukan penelusuran kontak pemeriksaan tehadap orang-orang di lingkungan kerja dan tempat tinggal bersankutan.

Dr. Fauzia memohon kerjasama Camat Petisah untuk koordinasi dengan pihak terkait, agar dapat melakukan pemeriksaan tanpa adanya halangan di lapangan nantinya dan memfasilitasi tempat untuk melakukan pemeriksaan, berhubun kondisi puskesmas tidak memungkinkan.