Kembali Berulah, Residivis Curanmor “Pengkor” Ditembus Timah Panas

Tersangka Heri (kanan) diamankan Polsek Air Joman, Asahan. (Foto/Istimewa)

ASAHAN - Surya Heri Oka alias Heri (36), warga Kelurahan Bagan Asahan Baru, Kecamatan Tangjungbalai, Asahan, pengkor ditembak polisi.

Informasi diperoleh, Heri merupakan narapidana Lapas Labuhan Ruku yang baru bebas karena program asimilasi COVID-19 dalam kasus pencurian sepeda motor (curanmor).

Yang pertama, ia mencuri Yamaha Vega warna hitam BK 2170 QAA dari rumah di kawasan Air Batu pada Mei 2020 silam. Motor curian itu lantas dia gunakan untuk kegiatan sehari-hari hingga tiga bulan.

Pada 1 Agustus 2020, tersangka berkeliling mengendarai motor curiannya ke kawasan Air Joman. Di salah satu rumah, tersangka melihat Honda Vario warna hitam BK 2429 VBO terpakir.

“Mungkin karena melihat ada kereta (motor) Vario terparkir di rumah korban dengan posisi kunci lengket, pelaku langsung menukar kereta Vega yang dipakainya itu dengan dengan Vario,” ungkap Kanit Reskrim Polsek Air Joman, IPDA HP Siburian, Sabtu (22/8/2020).

Tanpa disadari, aksi tersangka menukar motor tersebut terekam CCTV yang ada di lokasi. Begitu menerima laporan korban yang motornya ditukar, petugas pun langsung melakukan pengejaran.

“Awalnya kami curiga bahwa pemilik sepeda motor Vega sebagai pelaku. Setelah berkoordinasi dengan Polsek Air Batu, pemiliknya malah menjadi korban pencurian,” paparnya.

Penyelidikan selama dua pekan berhasil menangkap tersangka. Namun, tersangka melakukan perlawanan hingga terpaksa diberi tindakan tegas terukur ke bagian kaki.

“Begitu tertangkap, diakui tersangka bahwa dia pelaku tunggal pencuri sepeda motor Vario yang ditukar dengan sepedamotor Vega. Tujuannya hanya untuk memiliki kendaraan,” kata Siburian.

Kepada wartawan, tersangka mengakui pernah mencuri satu unit android dari rumah di kawasan Air Joman Baru.