oleh

Kades Diwarning Tak Permainkan Dana Desa

MEDAN – Untuk mengoptimalkan pengelolaan dana desa, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meminta agar kepala desa dapat meningkatkan kapasitasnya dalam mengelola dana desa.

Permintaan itu disampaikan Gubsu Erry dalam sambutannya saat menghadiri Pelantikan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) DPC Apdesi Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Padang Lawas Utara dan DPC Apdesi Kabupaten Padang Lawas, di Auditorium IAIN Padang Sidempuan, Sabtu (29/7).

“Terus belajar agar dana desa dapat terkelola dengan baik dan optimal penggunaannya demi kepentingan masyarakat desa. Jangan main-main dengan dana desa, kelola dengan baik untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Erry juga meminta kepada para kepala desa untuk bisa bersama-sama membangun desanya bersama kelompok masyarakat lainnya sesuai dengan salah satu dari Nawacita Presiden Jokowi yaitu membangun dari pinggiran. “Tentu desa yang harus diperkuat,” sebut Erry.

Kepala desa juga diajak untuk bersyukur karena dana desa saat ini meningkat setiap tahunnya. Dengan demikian,  dana desa juga diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memprioritaskan kegiatan-kegiatan pembangunan dalam skala kecil guna kepentingan masyarakat desa. “Bersama dengan perangkat desa lainnya termasuk PKK Desa untuk membangun desanya,” tutur Erry.

Ketua DPD Apdesi Sumut, Zainul Akhyar mengharapkan kepada kepala desa khususnya kepala desa di Tapanuli Selatan untuk terus belajar tentang undang-undang dan aturan bagaimana mengelola dana desa agar dapat digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat desa. “Terus belajar agar jangan nantinya dana desa menjebak,” ujarnya.

Mewakili bupati se Tabagsel, Syahrul Pasaribu mengharapkan melalui forum Apdesi ini para kepala desa dapat berbagi informasi untuk memajukan daerahnya. “Agar penggunaan dana desa sesuai dengan koridor,” ucapnya. (nst)

News Feed