Kerusuhan Pecah di Rutan Kabanjahe Tanah Karo 

Rutan Kaban Jahe, Tanah Karo, Sumut, dibakar napi yang melakukan kerusuhan beberapa waktu lalu. (Foto: MEDANmerdeka/dok)

KABANJAHE -  Kerusuhan disertai pembakaran terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B di Kabanjahe Jalan Bhayangkara kawasan Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (12/2/2020).

Dalam kejadian ini, rutan diduga dibakar oleh sekelompok tahanan. Selain itu, fasilitas di dalam rutan juga dirusak oleh tahanan. Kejadian ini menggegerkan masyarakat di sekitar lokasi kejadian.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny Hutajulu membenarkan insiden kerusuhan tersebut. Bersama TNI, polisi langsung turun ke lokasi kejadian untuk menetralisir keadaan, mengevakuasi tahanan.

"Kita sudah melakukan penyekatan di sekeliling rutan tersebut. Sebagian anggota juga mengevakuasi napi dan tahanan dari lokasi kebakaran. Mereka sudah dikumpulkan," ujar Benny Hutajulu.

Benny mengatakan, proses pemadaman kobaran api pun masih berlangsung. Selain itu, petugas juga sedang berusaha menetralisir kericuhan sembari melakukan evakuasi terhadap sebagian napi.

Informasi diperoleh, tahanan Rutan Kelas II B Kabanjahe mengamuk pasca dilakukan razia handphone di dalam ruangan, Selasa (12/2/2020) pukul 12.00 WIB. Para narapindana tidak terima dan mengamuk membakar ruangan dan melepari petugas menggunakan batu.

Petugas Kepolisian Polres Tanah Karo bersama personel TNI dan petugas Lapas sempat melepaskan tembakan ke udara untuk meredam aksi narapidana. Sejumlah mobil damkar dikerahkan untuk memadamkan kobaran si jago merah. Sejumlah armada Polres Karo dikerahkan mengevakuasi para tahanan agar terhindar dari bahaya kebakaran.