Lagi, Penderita ODGJ Gorok Kepala Ayah Kandung Hingga Putus

SAMOSIR - Kasus pembunuhan yang dilakukan penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di lingkungan keluarga kembali terjadi.

Kali ini Budanto Situmorang (ODGJ) tega memukul dan menggorok leher orang tuanya Sampe Raja Situmorang, hingga putus Sabtu (16/10/2021) malam halaman rumahnya Dusun III, Desa Sitorang Baolon, Kelurahan Sihusapi, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Kapolres Samosir AKBP Joshua Tampubolon melalui Kasat Reskrim AKP Suhartono, mengatakan, tragedis memilukan ini berawal dari informasi Kades Sihusapi yang melaporkan terjadinya peristiwa berdarah di desanya.

Mendapat laporan Kades, sejumlah personel Polres Samosir malam pukul 20.00 WIB, langsung turun ke lokasi. Setibanya di TKP, petugas mendapati korban Sampe Raja Situmorang sudah tewas bersimbah darah terletak di halaman rumah dengan kondisi kepala terpisah dari badan.

"Malam itu sejumlah petugas mengepung rumah tersebut dan mengamankan pelaku yang bersembunyi di dalam," kata Kasat reskrim.

Berdasarkan keterangan saksi-saksi, sebelum peristiwa korban duduk di depan rumah, tiba-tiba datang pelaku dari arah belakang memukul kepala korban dengan kayu.

Korban yang sudah berusia senja langsung jatuh ke tanah. Saat itulah, pelaku yang membawa parang menggorok leher korban hingga putus dan membacok kepala.

Informasi yang diperoleh kepolisian,pelaku merupakan anak kandung korban yang diduga penderita ODGJ dan sudah pernah dipasung karena menggangu warga dan keluarga.

Untuk pendalaman kasus ini, jenazah korban dievakuasi ke RS Bhayangkara Polda Sumut dan pelaku sendiri diamankan ke RS jiwa di Medan.