Lapas Narkotika Langkat Terbakar

Kapolda Sumut Perintahkan Razia Para Napi Kabur

LANGKAT – Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Langkat di Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat terbakar, Kamis (16/5/2019) siang.

Informasi dirangkum awak media di lokasi kejadian menyebutkan terbakarnya Lapas terbesar di Kabupaten Langkat tersebut disebabkan mengamuknya narapidana yang menghuni lapas tersebut.

Beredar kabar di sekitar Lapas Narkotika Langkat menyebutkan penangkapan narkoba oleh Sipir Lapas terhadap penghuni Lapas diduga penyebab mengamuknya Napi Lapas tersebut, hingga membakar Lapas.

Dari informasi warga sekitar Lapas Narkotika menyebutkan akibat terbakarnya Lapas ratusan Napi Kabur dari Lapas Narkotika Langkat. Karena api berkobar dari dalam Lapas hingga beberapa unit Sepeda Motor dan Mobil di halaman Parkir Lapas, ikut dibakar dan diamuk para Napi.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto mendengar informasi tersebut langsung memerintahkan personilnya untuk menggelar razia mengejar narapidana yang kabur saat kerusuhan di Lapas Narkoba Langkat di Kecamatan Hinai tersebut, razia terutama dilakukan di perbatasan Sumatera Utara dan Aceh."Sudah diperintahkan untuk razia," ucap Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu pihaknya juga lanjut Agus akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mendata para napi yang melarikan diri. "Sementara kita koordinasi untuk data para napi yang melarikan diri tentunya,"terang Agus.

Hingga sejauh ini belum diketahui apa penyebab pasti kericuhan. Sejumlah fasilitas di dalam Lapas dirusak oleh para narapidana.Namun berdasarkan data yang diterima ada sekitar 200 orang narapidana berhasil kabur usai kejadian.

Kericuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkoba, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara Kamis. Humas Kanwil Kemenkumham Sumut Josua Ginting pun sudah membenarkan soal kericuhan itu. Saat ini pihaknya sedang menuju ke lokasi kejadian. "Iya, kita terima (laporan) seperti itu," ujarnya.

Dari Lapas Narkotika tersebut diinformasikan api masih tetap berkobar dan para napi terlihat di areal halaman lapas dan suara letupan terdengar sekali kali dari kobaran api.

Diseputaran Lapas Terlihat personil TNI AD, Polisi Militer dan personil Polres Langkat berada diseputaran mengamankan areal Lapas Narkotika

Beberapa waktu berselang,saat mobil taktis Baracuda Brimob dan pasukan Brimob serta satu kompi pasukan Marinir dari Pangklan Brandan memasuki areal Lapas Narkotika untuk pengamanan .

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga