Marancar Kecamatan Terbaik Tingkat Sumut

Medanmerdeka.com -Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), terpilih menjadi kecamatan terbaik Tingkat Provinsi Sumatea Utara tahun 2017, kategori kabupaten. Marancar menyisihkan  407 kecamatan kategori kabupaten se-Sumut.

Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi mengatakan, program pemberian penghargaan kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara, kategori  kabupaten sudah berlangsung lama. Namun, pada periode 2017, sistem penilain dibagi menjadi dua kategori, yaitu, kategori kabupaten dan kota.

“Dimulai  2017, untuk tingkat kategori kabupaten dan kota memiliki  juara 1,2,3 dan juara harapan 1, 2 dan 3.”ujarnya.

Tentunya, penilaian ini untuk memotivasi para camat agar lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga, kehadiran pemerintahan di tingkat kecamatan lebih dirasakan oleh masyarakat.

Undang-Undang (UU) nomor 23/2014, tentang pemerintah daerah, mengamanatkan bahwa otonomi daerah berada di tingkat kabupaten dan kota. Artinya, negara memberikan kesempatan bagi pemerintah daerah untuk menyelenggarakan otonomi. "Konsekwensi UU ini mengubah system pemeritah daerah, karena sesungguhnya daerah yang mengetahaui aspirasi dari masyarakatnya," pungkas Erry.

Kecamatan sebagai salah satu perangkat daerah kabupaten/kota  adalah sebagai pelaksana tekhnis kewilayahan  yang mempunyai kekhususan dibandingkan perangkat daerah kabupaten/kota lainnya.”Selain mempunyai tugas umum kepemerintahan, camat juga mempunyai kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh seorang bupati atau wali kota, untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah.

"Saya berharap kepada seluruh camat yang terpilih menjadi yang terbaik agar tidak berpuas diri. Sebaliknya, bagi camat yang belum mendapat prestasi  agar terus berupaya untuk menjadi yang terbaik,”ujarnya.

Terpisah, Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumut yang sudah langsung datang menghadiri penyerahan hadiah kecamatan terbaik tingkat Sumut kategori kabupaten.”Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak gubernur yang datang ke daerah ini untuk memberikan penghargaan,”ujarnya.

Untuk tahun 2017, juara 1 kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumut, kategori kabupaten diraih Kecamatan Marancar. Selanjutnya, juara 2 Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Tobasa dan juara 3, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai. Selanjutnya, juara harapan 1, Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhan Batu Utara. Juara harapan 2, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan dan juara hapan 3, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Komisi VII DPR-RI, Gus Irawan Pasaribu, Ketua Wali Amanat USU, Panusunan Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapsel, Husin Sogot Simatupang, Naswardi Sialoho, Kapolres Tapsel AKPB M Iqbal, Dandim 0212/TS Letkol Inf Azhari, anggota DPRD Sumut, Doli Sunumba Siregar (thoriq/mm)