oleh

Musibah Danau Toba, Basarnas Siapkan Peralatan Canggih

Medanmerdeka.com – Tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memastikan pencarian korban Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang karam di perairan Danau Toba akan berlangsung selama sepuluh hari dengan menggunakan peralatan canggih.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Basarnas, Muhammad Syaugi kepada wartawan,  Selasa sore (19/6/2018). “Kita juga perlu tahu penumpang yang pasti itu berapa supaya pencarian dalam tujuh hari. Kalau ada bukti-bukti signifikan kita tambah tiga hari,” katanya.

Syaugi juga menuturkan, untuk memaksimalkan pencarian para penumpang dari KM Sinar Bangun pihaknya meminta agar masyarakat memberikan informasi terkait cuaca, arus ombak dan lokasi tenggelamnya pada saat kejadian. “Sehingga kita bisa memperkirakan apabila kapal tenggelam arahnya kemana. Jadi kita mencari jelas dan fokus,” ungkapnya.

Basarnas juga akan menggunakan peralatan canggih guna memaksimalkan pencarian para penumpang KM Sinar Bangun yang belum ditemukan.

“Kita kerahkan tim Basarnas Spesial. Kita juga bawa skuter air, jadi kalau kita menyelam bisa seperti membawa motor dan bisa mengangkat enam orang. Tiap personel juga dilengkapi jet boat yang diletak pada bagian pinggang untuk bisa mencari para penumpang. Alat-alatnya sudah didatangkan dari Jakarta dan Tanjung Pinang,” beber Syaugi.(amri/mm)

Komentar

News Feed