oleh

Penutupan MTQ ke-51, Medan Area Kembali Juara Umum

Medanmerdeka.com – Kecamatan Medan Area kembali keluar sebagai juara umum MTQ ke-51 Tingkat Kota Medan tahun 2018, Sabtu malam (10/3/2018).

Ini merupakan kemenangan kedua, yang diraih secara berturut-turut sejak 2017. Selain meraih piala bergilir, Kecamatan Medan Area juga mendapatkan uang pembinaan.

Selanjutnya, Kecamatan Medan Marelan ditetapkan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-52 Tingkat Kota Medan tahun 2019.

Di posisi runner-up berhasil direbut juara Kecamatan Medan Barat, sedangkan Kecamatan Medan Selayang menempati peringkat ketiga.

Lokasi acara penutupan dipenuhi pengunjung, tercatat sekitar 10.000 pengunjung yang berasal dari seluruh penjuru Kota Medan.

Prosesi penutupan ditandai dengan penurunan bendera disertai penyerahan piala yang dilakukan langsung Wali Kota Medan, H.T.Dzulmi Eldin didampingi Wakil Wali Kota Medan H.Akhyar Nasution didampigi Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli beserta unsur Forkopimda Kota Medan.

Dalam penutupan MTQ ke-51, mengatakan, even pelaksanaan pembacaan ayat suci Al Qur’an  yang berlangsung selama sepekan itu cukup baik dan lancar serta  antusiame masyarakat untuk menyaksikannya pun cukup tinggi.  Terbukti, setiap malamnya lokasi perlombaan ramai dikunjungi warga.

Wali Kota berharap melalui MTQ, masyarakat dapat memperdalam pengamalan ajaran agama dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an. Di samping itu menjadi motivasi bagi masyarakat Kota Medan dalam mencintai dan memedomani Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Wali Kota juga ingin nuansa kota yang religius harus terus ditumbuhkembangkan di ibukota Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Wali Kota juga menilai, pelaksanaan MTQ  telah menjadi wahana peningkatan ukhuwah Islamiyah dan silaturahmi antara sesama, sehingga  Al Qur’an tetap mempunyai fungsi sebagai pedoman hidup bagi umat Muslim di Kota Medan.

Selama pelaksanaan MTQ, jelas Wali Kota, suasana kondusif, damai dan religius serta bebas konflik  terpelihara dengan baik di Kota Medan. “Saya berharap suasana ini dapat  terus dipelihra dan terjaga pada hari-hari mendatang sesuai dengan slogan pembangunan yaitu “Medan Rumah Kita”,” kata Wali Kota.

Kepada pemenang, Wali Kota mengucapkan selamat. Namun begitu dia mengingatkan jagan dulu berbangga hati, sebab tantangan yang lebih besar yakni MTQ tingkat Provinsi Sumut manupun Nasional sudah menanti.

“Pertahankan prestasi yang baru diraih disertai terus mengasah dan mengembangkan minat membaca maupun memahami Al Qur’an. Tidak hanya sebagai bekal pada lomba untuk jenjang yang lebih tinggi, juga sebagai bekal dalam menjalankan kehidupan dunia dan akhirat secara seimbang,” pesannya.

Apalagi tambah Wali Kota, Kota Medan memiliki tradisi yang cukup baik pada pagelaran MTQ Tingkat  Provinsi Sumut. Dalam tiga tahun belakangan ini, Kota Medan berhasil keluar sebagai juara umum berturut-turut. Oleh karenanya Wali Kota berharap kepada para pemenang MTQ untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

“Ini bukan pekerjaan yang mudah dan harus dilakukan dengan kerja keras dari segenap jajaran pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Medan, para pembina, qori dan qoriah serta masyarakat Kota Medan pada umumnya,” ungkapnya

Sebelum mengakhiri sampbutannya, Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada LPTQ Kota Medan karena secara berkelanjutan terus melakukan pembinaan terhadap qori-qoriah Kota Medan, sehingga mereka selalu siap menghadapi berbagai pagelaran MTQ, baik tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

Selain memberikan piala dan uang pembinaan kepada qori-dan qoriah pemenang MTQ, panitia juga membagikan piala kepada  pemenang  pawai ta’aruf yang digelar untuk memeriahkan pembukaan MTQ. Juara pertama pawai ta’aruf dimenangkan Kecamatan Medan Sunggal, juara kedua diraih Kecamatan Medan Barat dan Kecamatan Medan Marelan sebagai juara ketiga.

Selanjutnya untuk pemenang stand terbaik tingkat kecamatan, juara pertama diraih tuan rumah Kecamatan Medan Petisah,  Kecamatan Medan Labuhan juara kedua dan Kecamatan Medan Denai Juara Ketiga.  Untuk stand terbaik tingkat OPD diraih Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Medan sebagai juara pertama, Dinas Pekerjaan Umum juara jedua dan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah sebagai juara ketiga. Sedangkan stand favorit diraih TP PKK Kota Medan. (amri/mm)

 

News Feed