Peredaran Narkoba Jaringan Asal Malaysia Digagalkan BNN-Bea Cukai

MEDAN - Tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI dan Bea Cukai menggerebek Kapal Motor (KM) Karibia bermuatan 70 bungkus diduga berisi sabu dan 2 bungkus berisi pil ekstasi.

Deputi Pemberantasan BNN RI, Irjen Pol Arman Depari membenarkan penangkapan sindikat jaringan narkoba asal Malaysia melalui jalur laut tersebut. "Iya sudah diamankan Kapal Motor Karibia dengan 3 orang ABK di Perairan Lhoksukon, Aceh Utara," katanya, Selasa (15/1/2019).

Dari penangkapan kapal tersebut, lanjut Arman, petugas berhasil mengamankan 3 ABK kapal yang diduga merupakan sindikat pengedar narkoba jaringan Malaysia. "Penangkapan kapal bermuatan narkotika, berawal dari kecurigaan Satgas BNN dan Bea Cukai saat menggelar patroli rutin di Perairan laut Aceh," ujarnya.

Dikatakannya, barang bukti diduga narkotika jenis sabu dan pil ekstasi itu ditemukan petugas di bawah kemudi kapal. "Barang bukti tersebut ditemukan petugas di bawah kemudi," ucapnya.

Dari hasil pemeriksaan terhadap tersangka, 70 bungkus sabu dan 2 bungkus pil ekstasi dibawa dari Malaysia dengan tujuan Aceh. "Diserahterimakan di tengah laut Perbatasan Malaysia dengan Indonesia dari kapal ke kapal (ship to ship). Kemudian dibawa ke Wilayah Aceh dengan menggunakan kapal kayu," bebernya.

BNN RI dengan Bea Cukai masih melakukan pengembangan pelaku lainnya. "Masih dalam pengembangan lagi," tandasnya. (mari)