Pertama di Sumut, Disdik Batubara – Bank Sumut Gelar Program LCC Pelajar SMP

Para pelajar SMP Negeri dan Swasta di Batubara perserta Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang digelar Dinas Pendidikan dan Bank Sumut dengan mengedepankan protokol kesehatann. (Foto: MEDANmerdeka/Zein)

BATUBARA – Dinas Pendidikan Pemkab Batubara menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) secara daring yang dikuti 54 sekolah SMP Negeri dan swasta , di UPTD SMP Negeri 1 Limapuluh, Rabu (21/10/2020).

Materi diperlombakan, selain mata pelajaran umum juga meliputi jasa keuangan, yang disponsori PT Bank Sumut. Program teranyar ini merupakan satu-satunya digelar se-Sumut di tengah pandemi COVID-19.

Pembukaan dibuka Bupati Batubara, Ir.H.Zahir MAP diwakili Kadisdik Ilyas Sitorus, mengatakan program LCC Dinas Pendidikan Batubara sejalan dengan Keputusan Presiden RI, nomor: 26 Tahun 2019, tentang Hari Indonesia Menabung dan Surat Edaran Mendikbud  nomor: 5811/D/HK/2019 ,tentang Simpanan Pelajar.

“Selain mengasah kemampuan siswa, program ini bermanfaat bagi proses belajar secara kombinasi daring dan luring,” kata Bupati Zahir sebagaimana disampaikan Ilyas Sitorus.

Sinergitas yang dibangun Dinas Pendidikan dan PT Bank Sumut, dalam membangun dan meningkatkan kualitas pendidikan patut diapresiasi. “Atas nama pribadi Bupati dan pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih,” katanya.

Bupati Zahir berharap, program LCC yang mengangkat tema “Meningkatkan Prestasi dan Wawasan Literasi Keuangan Di Massa Pandemi COVID-19” ke depannya dapat diperluas dan dimaksimalkan, baik pihak sekolah, peserta didik, pihak kecamatan  maupun fasilitasnya.

LCC tingkat SMP berjalan sukses. Para peserta didik terdiri SMP Negeri membawa nama sekolah maupun kecamatan masing-masing.

Pimpinan PT Bank Sumut, Muhammad Zaini mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang dibangun antara Bank Sumut dan Dinas Pendidikan Batubara. “Program LCC di tengah pandemi COVID-19 berjalan sukses, dan pertama di Sumut,” tegasnya.

Dijelaskannya, literasi keuangan salah satu point penting bagi pelajar, sehingga generasi milenial paham akan hak dan kewajiban serta produk layanan jasa keuangan dalam mendukung kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia Tobok Situmorang, LCC diikuti 54 sekolah negeri dan swasta di Batubara. Materi diperlombakan meliputi bidang sutidi IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Literasi Keuangan.

Final LCC digelar pada 27 Oktober 2020 mendatang dengan menggunakan aplokasi zoom sehingga mudah diakses banyak peserta.