Polres Asahan Tembak 2 Penyelundup 11 Kg Sabu

Medanmerdeka.com - Satreskrim Polres Asahan berhasil membongkar penyelundupan sabu-sabu jaringan internasional  seberat 11 kg yang dikendalikan dari seorang terpidana berinsial PGN yang mendekam di Lapas.

Kedua tersangka Rinaldi Panda Sembiring (30) dan Bahtera Sembiring Kembaren (30), keduanya warga Kecamatan Pancur Batu,Kabupaten Deliserdang, bertekuk lutut setelah timah panas petugas Satnarkoba Polres Asahan bersarang di kedua kaki tersangka yang mencoba kabur, Rabu kemarin dalam penyergapan di Jalan Umum Dusun VIII, Desa Teluk Sentosa, Kecamatan Panai Hulu, Labuhan Batu.

Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu didampingi Wakil Bupati Asahan H Surya BSc dan Ketua DPRD Asahan Benteng Panjaitan dalam paparannya mengatakan, pengungkapan 11 Kg sabu-sabu dalam kemasan teh guanyinwang merupakan yang terbesar di Polres Asahan.

Kepolisian, sambung AKBP Faisal sudah dua bulan mengendus jaringan sabu-sabu internasional ini yang masuk melalui jalur sungai Barombang dan sungai Barumun dengan menggunakan kapal.

"Kedua pelaku masuk lewat jalur sungai, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan sepeda motor. Saa itulah kita lakukan pengejaran hingga areal perkebunan.Karena melakukan perlawanan makanya dilakukan tindakan tegas dan terukur," tegas Kapolres.

Dari hasil introgasi, kedua pelaku mengaku orang suruhan dengan imbalan Rp6 juta. Otak pelakunya dikendalikan residivis berinisial PGN yang kini berada di Lapas. Untuk itu, Polres Asahan akan berkoordinasi dengan Poldasu maupun BNN.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dikenakan pasal  114 ayat (2) subsider pasal 112 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) dari UU.RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman mati dan atau paling lama seumur hidup.(ir/mm)

Penulis:

Baca Juga