Polres Batubara Bekuk 20 Tsk dan Musnahkan Barbut Narkoba

Tiga tersangka narkoba ditembak Satres Narkoba Polres Batubara. (Foto: MEDANmerdeka/Zein)

LIMAPULUH – Polres Batubara memusnahkan barang bukti narkoba jenus sabu-sabu dan daun ganja dengan cara direbus dan dibakar, di halaman Mapolres di Limapuluh, Rabu (14/10/2020).

Dalam pengungkapan ini, kepolisian Satres Narkoba berhasil membekuk 20 pelaku dari lokasi terpisah.

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis mengatakan, barang bukti sabu yang dimusnahkan sebanyak 1000 gram dengan melibatkan dua tersangka, masing-masing Sulaiman (32) dan Faisal Bakri (34) warga asal Aceh Utara.

Kedua tersangka ditangkap Kamis 1 Oktober 2020, pukul 11.00 WIB, di Jalinsum Medan-Kisaran, tepatnya di Kecamatan Limapuluh. Kedua pelaku dilakukan tindakan tegas dan terukur karena berupaya melawan petugas dalam pengembangan.

Barang bukti lain yang ikut dimusnahkan yakni 721,54 gram ganja plus 56,44 gram ganja dari tangan tersangka Suheri alias Uli (34), nelayan Tanjung Tiram, Batubara.

Tersangka Uli diringkus Sabtu 19 September 2020 lalu, pukul 21.00 WIB, di Desa Bangun Sari, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Batubara.

Sebelum dimusnahkan, barang bukti sabu dan ganja diuji coba tim Labforensik Polda Sumut untuk memastikan barang tersebut narkoba.

Barang bukti sabu dimusnahkan dengan cara direbus air mendidih, sedangka daun ganja dibakar hingga ludes dalam suatu wadah yang sudah disiapkan.

Pemusnahan dihadiri  Anita Rajagukguk Jaksa Kejari Batubara, M Hendro dari BNNK Batubara, IPTU Fani dari Labfor Poldasu dan Kuasa Hukum prodeo tersangka.

Sementara itu, Kasatres Narkoba Polres Batubara AKP Sastrawan mengatakan, dalam kurun waktu sebulan pihaknya berhasil mengungkap 16 kasus kejahatan narkoba dengan melibatkan 17 tersangka.

Sebagaimana intruksi Kapolda dan Kapolres Batubara, sambung Sastrawan, pihaknya akan memberangus segala bentuk kejahatan narkoba dan akan melakukan tindakan tegas dan terukur bagi pelaku dengan barang bukti lebih dari 1 Kg.