Ribuan Rumah di Medan Labuhan Terendam

MEDAN - Ribuan rumah warga di kawasan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Sumatera Utara (Sumut), mengalami kebanjiran dengan ketinggian air mencapai 30 cenrimeter. Banjir ini terjadi akibat hujan deras, Rabu (29/1/2020) dini hari.

Pantauan di lokasi, banjir terdapat di kawasan Griya Martubung di Jalan Rawe I, Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan. Air mulai menggenangi perumahan dan kawasan jalan di lokasi tersebut. Banjir ini juga membuat kemacetan kendaraan.

Salah seorang warga Matubung, Sunaryo (45) menyampaikan, hujan deras disertai angin kencang selama dua jam membuat sungai di daerah itu meluap sampai menggenangi pemukiman penduduk, sejak pukul 01.00 WIB.

"Daerah ini memang sudah langganan banjir setiap hujan deras turun. Persoalan ini sudah sering dikeluhkan masyarakat ke pemerintah kota (Pemkot) Medan. Namun, realisasi penanganan banjir belum ada," ujar Sunaryo.

Menurutnya, banjir juga sering terjadi akibat tanggul jebol. Masyarakat mengeluhkan banjir yang terjadi sudah banyak merusak barang - barang elektronik di dalam rumahnya. Sehingga, keseriusan pemerintah sangat dibutuhkan dalam mengatasi banjir itu.

Devi Anggraini (40), warga lainnya menyampaikan, banjir yang sering melanda daerah itu, membuat anak - anak di sana tidak bisa sekolah. Bahkan, banjir membuat pihak sekolah meliburkan proses belajar - mengajar untuk kalangan pelajar.

"Kami meminta Pemkot Medan untuk benar - benar memperhatikan kondisi masyarakat di sini. Kami butuh perhatian pemerintah supaya daerah tempat tinggal kami ini tidak lagi menjadi langganan banjir," ujarnya.

Komentar

Loading...