Satpolairud Polda Sumut Gagalkan Penyelundupan Narkotika dari Malaysia

Tersangka SH, narkoba Kapal 28 KM Hati M Jaya, yang diamankan bersama barang bukti narkotika asal Malaysia, di perairan Tanjung Balai.(Foto:Ist)

TANJUNG BALAI – Satpolairud  KP II-1023 Polda Sumut berhasil menggagalkan penyelundupan narkotiba asal Malaysia ke Tanjung Balai, Sumatera Utara. Sedikitnya, 9,6 Kg sabu-sabu plus 9.820 butir ekstasi disita, Sabtu (13/7/2019) siang.

Barang bukti narkotika ini diamankan dari Kapal 28 KM Hati M Jaya, bermesin dompeng yang berlayar dari Malaysia, dinakhodai SH (48), warga Jalan Jenaha, Kelurahan Pematang Pasir, Kecamatan Teluk Nibung, Tanjung Balai.

Kapal Patroli Satpolairud Polda Sumatera Utara KP II-1023, sebelumnya melakukan patrol di perairan Kedai Terapung, Desa Sei Apung, perairan Asahan.

Saat berpapasan dengan Kapal 28 KM Hati M Jaya, petugas patrol yang baru berlayar dari Malaysia, petugas mencoba menghentikannya. Namun bukannya berhenti, nakhoda SH bersama  3 ABK lalu menambah kecepatan.

Dalam pengejaran, 3 ABK kabur dengan cara melompat ke laut.Sementara nakhoda SH berhasil di tangkap berikut kapal dan muatannya berisi 9,6 Kg sabu-sabu dan 9.820 butir pil ekstasi. Untuk pennyelidikan, SH bersama barang bukti diamankan di Ditpolairud Polda Sumut, di Tanjung Balai.

Hingga kini, kepolisian masih memburu tiga ABK yang sudah diketahui identitasnya. Informasi yang diperoleh petugas, ketiganya dibakarkan kabur menuju hutan.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi terkait pengkapan pelaku penyelundup narkoba internasional tersebut.

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga