Selundupkan Sabu dalam Kotak Susu, Pria Asal Tembung di Tangkap Petugas Bandara KNIA

Gagal Selundupkan Narkoba, IR diamankan petugas bandara KNIA.(Foto:MM/Ist)

DELISERDANG - Petugas keamanan Bandara Kualanamu Internasional (KNIA) Deliserdang, Sumatera Utara, berhasil menggagalkan penyelundupan sabu-sabu seberat lebih kurang 1 Kg sabu-sabu tujuan Medan-Makasar,Sulawesi Selatan.

Pria berinsial IR alias Andi (37), warga Jalan Letda Sujono, Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembung, tersebut kemudian diamankan petugas keamanan bandara, Selasa (13/4/2021) sekira pukul 16.40 WIB.

Informasi diperoleh, IR sebelumnya merupakan calon penumpang Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6891, tujuan Medan-Makasar. Petugas bandara yang menaruh curiga kemudian memeriksa barang-barang bawaan tersangka di pos pemeriksaan penumpang (Security Check Point/SCP) yang berada di lantai 2 bandara tersebut.

Dari hasil pemeriksaan X-ray tersangka diamankan, dan setelah diperiksa ternyata membawa narkoba jenis sabu-sabu yang dikemas dalam kotak susu dengan total 1,09 Kilogram.

"Saat itu pelaku memasuki lokasi pemeriksaan SCP I dilantai 2, saat kopernya di cek ternyata didalamnya terdapat sabu-sabu yang disamarkan dengan susu bubuk," kata PLT Senior Manager Of Operation and Service bandara Kualanamu Internasional, Agoes Soepriyanto.

Selanjut, pelaku langsung dibawa ke posko Scurity Bandara Kualanamu Internasional di lantai 3. Kemudian pelaku di intrograsi.

Dari hasil interogasi, ternsagka IR mengaku mendapatkan paket narkoba dari seseorang berinisial MR dikawasan perumahan Asia Mega Mas pada tanggal 12 April 2021.

Pelaku mengaku dijanjikan uang sebesar Rp15.000.000; bila berhasil mengantarkan narkoba jenis sabu-sabu tersebut ke kota Makassar dan baru diberi uang Rp.5.000.000;.tepat Pukul 19.05 WIB, petugas kepolisian dari Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara, dipimpin oleh Kompol S. Tambunan datang dan membawa tersangka ke Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara untuk di lakukan pengembangan kasus.