Tersinggung, Ayah &  Dua Putranya Habisi Kades Tagaule Nias

NIAS – Hanya karena tersinggung, AL (44) bersama dua putranya OL (15) dan DL (18) tega menghabisi Banasokhi Zai alias Ama Saniman yang tak lain Kepala Desa (Kades) Tagaule, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias.

Atas perbuatannya, ayah dan dua putranya meringkuk di terali besi Mapolres Nias, berikut diamankan tiga parang panjang yang diduga digunakan untuk menghabisi korban.

Kapolres Nias, AKBP Deni Kurnaiwan mengatakan, peristiwa tragis ini terjadi Selasa (1/1/2019) sekira pukul 11.00 WIB. Pada saat itu, korban Ama Seniman melintas di depan rumah korban sembari mencemooh dan mengajak tersangka AL berkelahi.

Mendengar kalimat-kalimat sumbang Kades, tersangka masuk ke rumah mengambil parang lalu mengayunkannya ke tubuh korban. Pada saat hendak melarikan diri, anak pelaku OL (15) lalu membacok korban hingga tersungkur bermandikan darah. Pada saat tak berdaya, putra pelaku lainnya berinsial DL (18) membacoki tubuh korban yang sudah tak berdaya.

Setelah menghabisi Ama Seniman, ketiga pelaku kabur ke hutan. Sejumlah warga lalu berkurumun dan melaporkan kejadian ini ke pihak Mapolsek Bawolato.

Tak lama berselang, tersangka AL yang semula melarikan diri ke hutan akhirnya menyerahkan diri ke Mapolsek Bawolato. Sedangkan dua putranya OL dan DL berhasil diamankan pihak kepolisian.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dijerat pasal 170 ayat 2 ke 3e dan atau pasal 351 ayat 3 dari KUHpidana, dengan ancaman hukuman pidana paling tinggi 12 tahun penjara.(amri)

Penulis: Amri
Editor: Redaksi

Baca Juga