Finish Pertama di Jepang, Marquez Juara Dunia MotoGP 2018

Medanmerdeka.com – Pembalap asal Spanyol, Marc Marquez akhirnya menyabet predikat Juara Dunia MotoGP 2018 setelah menjadi finish pertama di Sirkuit Grand Prix, Motegi, Jepang, Minggu (21/10/2018).

Pembalap nomor 93 ini keluar sebagai juara setelah memenangkan pertarungan 24 lap melawan Andrea Dovizioso, Valentino Rossi dan 22 pembalap lainnya. Kemenangan dramatis ini diraihnya setelah pesaing terdekatnya terpeleset saat lap ke-22.

Dovizioso tampil begitu apik pada balapan yang berlangsung dengan kondisi lintasan kering. Dengan menggunakan ban soft medium, pembalap Ducati Corse itu sukses memertahankan posisinya di urutan pertama sejak garis start.

Sedangkan Marquez menguntit kecepatan motor Desmosedici GP18 di peringkat kedua setelah melewati empat pembalap di depannya saat start. Pertarungan dua pembalap inipun menegangkan untuk disaksikan di Sirkuit Twin Ring Motegi. Namun sejumlah pembalap seperti Valentino Rossi, Jack Miller, dan Cal Crutchlow tidak ingin menjadi penghibur di balapan seri 16 MotoGP musim ini.

Ketiga pembalap itu terlihat tampil super ketat untuk merebut kemenangan di Motegi, ketika Crutchlow menyalip Marquez di lap keempat. Sedangkan Rossi mencoba mengganggu menempel kecepatan motor RC213V yang dikendarai Marquez dari posisi keempat.

Marquez sempat merebut posisi terdepan dari Dovizioso saat empat lap tersisa. Dovi yang ngotot mencoba untuk mengambil posisi terdepan justru mengalami insiden terpeleset saat balapan tinggal menyisakan dua lap lagi.

Saat itu lah, pembalap asal Spanyol ini akhirnya meraih predikat Juara Dunia MotoGP 2018 setelah tercatat 7 kali berturut-turut menjadi juara Moto3, Moto2 dan MotoGP. (sri/int/mm)

Comment