oleh

Iran Kuasai Selat Hormuz, AS Dilarang Masuk

Medanmerdeka.com – Angkatan Laut Iran mengkalim sudah menguasai Teluk Persia dan Selat Hormuz. Iran juga melarang kapal asing memasuki perairan, terutama angkatan alut Amerika Serikat (AS).

Sikap tegas ini disampaikan komandan Angkatan Laut Korps Garda Revolusi Iran, Laksamana Muda Alireza Tangsiri, Senin petang kemarin. “Kami dapat memastikan keamanan Teluk Persia dan tidak perlu kehadiran AS dan negara-negara yang rumahnya tidak di sini,” kata Tangsiri, seperti dilansir kantor berita Tasnim.

“Memiliki ‘orang luar’ mengoperasikan kapal bertenaga nuklir di Teluk menciptakan potensi masalah lingkungan bukan hanya bagi Iran tetapi tetangga Arab-nya juga,” ujar Tangsiri. Dia juga menuduh musuh Iran salah mengartikan kenyataan, di mana Teheran dituduh mengerahkan pasukan ke wilayah itu dan menjual senjatanya.

Komentar Tangsiri muncul beberapa pekan setelah media-media AS memperingatkan bahwa Teheran kemungkinan akan menutup Selat Hormuz, jalur pelayaran penting untuk ekspor minyak Teluk. Jalur itu setiap harinya dilewati kapal tanker pembawa 18,5 juta barel minyak mentah.

Komentar

News Feed