Kim Jong-un Komitmen Denuklirisasi

Medanmerdeka.com – Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyatakan berkomitmen untuk bertemu dengan Donald Trump dan denuklirisasi penuh.

Hal tersebut diungkapkan Moon sehari setelah pertemuannya dengan Kim Jong-un pada Sabtu, 26 Mei kemarin. Moon bertemu dengan Kim Jong-Un di Panmunjoma, April lalu. Dari foto-foto yang dirilis, tampak keduanya saling berpelukan dan menebar senyuman. “Suasananya seperti sebuah pertemuan biasa antar teman dan keduanya (saya dan Kim Jong-un) menjalin pembicaraan yang jujur,” kata Moon seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (27/5/2018).

Tawaran spontan dari Kim Jong-un untuk bertemu, dan respons cepat dari Moon, menunjukkan seberapa dekat hubungan kedua pemimpin Korea itu dalam waktu singkat.

Menurut Moon, “Kim Jong-un sekali lagi berkomitmen untuk denuklirisasi penuh”.Moon berulang kali menolak untuk menjelaskan tentang bagaimana Korea Utara akan melepaskan senjata nuklirnya atau apakah Pyongyang akan mengizinkan ahli internasional untuk memeriksa fasilitas nuklir mereka. “Jalan untuk menyelesaikan denuklirisasi dan perdamaian penuh tidak akan pernah menjadi hal mudah,” ujar Moon. Namun, ia menambahkan, “Saya yakin kita akan berhasil”.

Moon juga menyampaikan harapannya agar diadakannya KTT Korea Selatan-Korea Utara-Amerika Serikat untuk secara resmi mengakhir perang Korea, yang selama ini hanya diakhiri melalui gencatan senjata bukan sebuah perdamaian penuh.

Di lain sisi, Moon memuji Kim Jong-un karena mengumumkan moratorium uji coba nuklir dan rudal, serta penutupan situs uji nuklir dalam minggu ini.

Para pejabat Amerika Serikat telah menuntut secara sepihak agar Korea Utara melucuti senjata sebelum konsesi diberikan atas sanksi ekonomi atau sebuah janji non-agresi. Ada pun Pyongyang memilih negosiasi dan konsesi bertahap dari Washington. Media corong pemerintah Korea Utara, KCNA, juga memuat dalam laporannya bahwa Kim Jong-un”tetap pada keinginannya untuk menggelar pertemuan bersejarah” dengan Trump.(amri/int/mm)

Comment