PPLN RI-Penang Gelar Bimtek KSK

MALAYSIA - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Perwakilan RI-Penang menggelar pelatihan bimbingan teknis (Bimtek) bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN), kemarin di Konjen RI, Penang, Jalan Burma.

Bimtek diselenggarakan langsung PPLN Perwakilan RI-Penang, dan dibuka langsung Konjen RI-Penang Irwansyah Wibisono.

Ketua PPLN RI-Penang, Ferdinan Murni mengatakan, maksud dan tujuan Bintek Kotak Suara Keliling (KSK) yaitu untuk mensosialisasikan sekaligus memberikan pelatihan tata cara pencoblosan Pemilu RI tahun 2019.

Pemilu lesgilatif dan Pilpres tahun 2019, diselenggarakan serentak pada 17 April mendatang. Namun bagi warga negara Indonesia yang berada di luar negeri, pelaksanaannya digelar mulai pada hari Senin 8 s/d Sabtu 13 April 2019.

Kontributor medanmerdeka.com Bari dari Penang melaporkan, sebelumnya PPLN Perwakilan RI-Penang sudah melantik 300 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Penang.

Pelantikan dilakukan langsung Ketua Panitia PPLN Perwakilan RI-Penang, Ferdinan Murni, yang dihadiri Wakil KJRI Penang, Ahmad Dahlan.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan bimbingan teknis tentang tata cara pencoblosan kertas surat suara sekaligus penghitungan suara sah Pemilu RI Tahun 2019.

Salah seorang petugas KPPS Luar Negeri mengatakan, dalam kegiatan ini KPPSLN mengikuti pendidikan dan pelatihan menjelang dilakukannya Pemilu Serentak pemilihan Capres-Cawapres dan DPR Pusat RI Pemilu 2019.

Sesuai jadwal, Pemilu Serentak 2019 RI akan diselenggarakan serentak di Malaysia. Sesuai data, sambung Bari, sebanyak 60 ribu warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Penang, Kedah,Perlis dan Malaysia akan menggunakan hak suaranya pada tanggal 8-13 Maret 2019.(mm)

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga