Sekdaprov Sumut Jemput Pekerja Migran di Bawah Umur asal Sumut dari Malaysia

Sekdaprov Sumut Sabrina mendampingi Sondang pekerja migrant di bawah umur di KJRI Penang, Malaysia. Sodang akan dibawah pulang untuk kembali bersama keluarganya di Berastagi.(Foto:MEDANmerdeka/Bari)

PENANG – Tim Sekdaporv Sumut kembali menjemput seorang pekerja migrant dibawah umur Sondang Rohana Pasaribu, warga asal Berastagi, Tanah Karo. Perempuan berusia 15 tahun tersebut terlantar setelah kabur dari rumah majikannya di daerah Taman Pekaka Pulau Penang.

Sekdaprovsu Hj Sabrina didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumut Nurlela dan Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Muhammad Ikhsan, Sabtu (26/10/2019) melakukan pertemuan dengan KJRI Malaysia untuk mengurus segala administrasi untuk kepulangan Sondang ke kampung halaman.

Disamping itu, Sabrina dan tim melakukan pertemuan dengan majikan Sondang, Tan Eng Cong untuk mengembalikan passport dan memberikan hak-hak korban selama berkeja.

“Hari ini tim ke KJRI yang ada di Penang, Malaysia. Tujuannya, tim akan mengurus segala keperluan administrasi untuk pemulangan Sondang dan meloby majikannya untuk mengembalikan passport dan memberikan hak-haknya selama bekerja,” kata Sabrina kepada Subari dari medanmerdeka.com di Penang Malaysia.

Tim Pemprovsu berangkat ke Penang menjemput Sondang setelah sebelumnya KJRI Malaysia mengirimkan surat ke Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Atas surat ini, Gubernur mengirimkan tim dibawah Sekdaprovsu untuk mengurus kepulangan Sondang untuk bisa kembali berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

“Paspor dan juga HP yang bersangkutan ada di tangan majikan. Saat ini KJRI Penang dalam proses ke polisi untuk meminta bantuan polisi agar paspornya dan hak-haknya dapat diberikan okeh Majikan, semoga dapat berlangsung lancar,” ujar Sabrina, Jumat (25/10) malam.

Disebutkan, Sondang Rohana Agustina Pasaribu merupakan anak dari pasangan Herman Pasaribu dan Risda Simanjuntak, warga Simpang Ujung Aji, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Tanah Karo.

KJRI Penang, Malaysia mengatakan, keberadaan Sondang diketahui perkumpulan Permai Utara Malaysia, yang selama ini konsisten dalam membela dan membantu KJRI dalam penanganan TKI, diantaranya asal Sumut.

Bagi Sekdaprovsu Hj Sabrina, keberadaan Permai Utara Malaysia cukup membantu dalam informasi dan penanganan TKI asal Sumut yang mengalami masalah di perantauan. Untuk itu, Sabrina mengucapkan terima kasih atas hubungan silaturahmi yang terjalin selama ini.

“Kita berharap, silaturahmi dan kemanusiaan ini terus dilakukan untuk kebaikan kita semua. Kalau ada informasi-informasi lain yang menyangkut warga Sumut mohon diinformasikan,” kata Sabrina.

Sekdaprovsu mengapresiasi langkah-langkah yang sudah dilakukanPermai Utarama Malaysia dalam membantu dan memberikan informasi beragam persoalan yang dihadapi TKI asal Sumut.

Penulis: Bari
Editor: Redaksi

Baca Juga