Soekirman Hadiri TPO For Asia Pasific

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman dalam Forum General Assembly 9th Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pasific, yang dibuka Mayor kota Busan Oh Keo Don di Paradise Hotel, Kamis (26/9/2019). (Foto: MEDANmerdeka/Ist)

KORSEL – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman memperkenalkan objek wisata Sergai dalam Forum General Assembly  9th Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pasific, yang dibuka Mayor kota Busan Oh Keo Don di Paradise Hotel, Kamis (26/9/2019).

Forum yang beranggotakan 124 pemerintah dari 15 negara Asia Pasifik, Sumatera Utara, memenangkan voting sebagai tuan rumah (Host) untuk General Assembly tahun 2021.

Dalam forum ini juga dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang diwakili Kadis Pariwisata Ria Telaumbanua. Diharapkan, dengan ditetapkan Sumut sbg host TPO-AP 2021, akan mendorong kemajuan pariwisata Sumut, terutama wisatawan Asia Pasific.

Menyongsong TPO Asia Pasific di Sumut, kata Soekirman, Sergai akan mengintensifkan wisata desa dipadukan dengan pertanian dan petualangan alam terbuka.

TPO di Busan tahun 2019, mengangkat tema "Common Prosperity in Tourism through Open Partnership". Tema ini sejalan dengan yang dilakukan Sergai PATAYA (Pangan, Pariwisata, dan Budaya) di Kabupaten Sergai.

Sementara Keynote Speaker Rolando Canizal Philippine menyatakan generasi millenial ke depan adalah segmen tertinggi mengisi dunia wisata di Asia Pasifik dimana mereka sangat kekurangan social touch dengan masyarakat "eyes to eyes" sebagai akibat teknologi informasi secara global.

Dengan demikian wisata desa dan home stay akan jadi alternative mengisi blank spot kontak sosial para wisatawan dengan destinasi wisata.

Korea selatan adalah negara yang masuk katagori sejahtera dengan cepat, diharapkan menjadi market wisata Indonesia. Saat ini Serdang Bedagai sudah punya 109 Bumdes (badan usaha milik desa) sudah ada beberapa desa yg bergerak di usaha wisata antara lain Desa Melati II kecamatan Perbaungan Bumdes Madani, dan Kecamatan Sipispis ada Bumdes Buduma.

“Kadis Pariwisata Sumut, Ria Telaumbanua akan membantu terwujudnya innovasi Wisata desa dan Wisata Tani di Sergai,” kata Soekirman.

Sidang TPO Busan Common Prosperity atau Kemakmuran Bersama dan Membuka Kemitraan diharapkan mampu bangkitkan sektor pariwisata Sumut.

Sergai Proposed di Mayor's Rountable Summit

Deklarasi Busan 2019, melahirkan pokok-pokok pikiran yang menjadi flatform bersama masyarakat pariwisata dan sudah menjadi tekad negara Asia Pasific ke depan.

Soekirman mengusulkan agar deklarasi dimasukkan kata "Pembangunan Pariwisata yang Inklusif" dan Menuju langkah bersama guna mensukseskan Sustainable Development Goals (SDGs).

Pimpinan summit Vice Mayor Kota Busan, sepakat apa yang diusukan utusan Sumut. Hal ini diperkuat Malaysia yang mendukung Indonesia Serdang Bedagai, agar Deklarasi Busan memuat agenda SDGs agar getarannya lebih meluas dan akan mendapat dukungan organisasi-organisasi International, sebagai gerakan bersama Inklusif di bidang kepariwisataan.

Penulis: Rasum Santarwi
Editor: Redaksi

Baca Juga