Muhammad SAW Pencetak Manusia Unggulan

Dr.C.Kh. Zainuddin Nur, SH,ME.(foto: Ist/MM)

Dalam rangka memperingati Milad Nabi Muhammad SAW ada 8 hal yang perlu kita ketahui dan 8 hal yang perlu kita amalkan. Diantara dasar pertimbangannya adalah hasil penelitian Michael Hart Sang Penilis Buku Best Seller 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia.

Ketika buku 100 Tokoh tersebut beredar luas di masyarakat muncul kritik, hujatan bahkan ancaman dari berbagai pihak termasuk dari ruhaniawan kafirin, musyrikin dan atheisin,karena nabi dan tuhan mereka urutkan justru berada di urutan bawah, sedangkan Nabi Muhammad SAW justru berada di urutan teratas yaitu nomor 1.

Tentu Michael Hart punya alasan yang ilmiah, sehingga tidak terbantahkan sampai sekarang. Diantara alasannya, dan berdasarkan analisis penulis adalah bahwa sebagai manusia biasa bahkan tidak bisa tulis baca Nabi Muhammad saw: 1. Mampu memimpin ratusan ribu orang jahiliah yang memiliki berbagai macam karakter.

2. Ajaran Islam yang dibawanya mampu bertahan, diamalkan dan merubah sifat dan perbuatan buruk pengikutnya sampai sekarang, sehingga menjadi manusia Unggulan .

3. Sifat dan karakter Nabi Muhammad saw sangat mulia dan agung, diantaranya adalah siddiq (jujur), amanah (dipercaya), tabligh (menyampaikan) dan fathonah (cerdas). Sifat ini diamalkan dengan sangat baik sehingga beliau digelari Al Amin (yang sangat dipercaya). Sifat ini dipelajari dan diamalkan pula oleh pengikutnya “Umat Islam”.

4. Kitab suci Alquran diriset oleh para ahli sebagai kitab suci paling otentik yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, hukum, kemanusiaan, sesuai, mengikuti dan mampu menjawab perkembangan zaman.

5. Al hadis yang berfungsi sebagai penjelasan dari Alquran mampu menjawab berbagai kebuntuan berbagai aspek persoalan hidup .6. Ajaran Islam bukan dogma apalagi dongeng.

Tapi merupakan sejarah umat manusia, penciptaan alam semesta, kekuatan, alam, ilmu, hukum, moral, kepemimpinan, keorganisasian, rasionalitas, alam gaib, korelasi, ibadah, perintah, larangan, iman, Islam, ihsan, ketaqwaan, kausalitas, kekuatan alam, kekuasaan, dahsyatnya ganjaran, sifat tuhan, dan doktrin ketuhanan serta perbandingan agama.

7. Mempunyai pengikut yang setia dengan akhlaq mulia, jumlahnya sekitar 2 milyar yang terus bertahan dan bertambah. 8. Ajaran dokrin ketuhannya paling bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, sosial dan metafisika bahkan berani diuji dan diperdebatkan dengan agama lain.

Dari peringatan milad Nabi Muhammad SAW ini seluruh umat manusia khususnya untuk umat Islam diharapkan dapat meningkatkan kualiatas kehidupan dunia dan akhirat, agar dapat menjadi umat terbaik. Umat terbaik itu adalah yang mampu menegakkan amar makruf nahi munkar.(mm)

Comment