Dibuka Bupati Taput

Festival Matumona-Muara 2019 Upaya Melestarikan Budaya

Bupati Tapanuli Utara dan rombongan diatas Solu Bolon (Sampan Besar) di Danau Toba, pada Opening Ceremony Matumona-Muara 2019, Kamis (19/12).

TAPANULI UTARA - Festival Matumona-Solu Bolon Parade Formasi Hariara Sundung di Langit Tahun 2019 berlangsung di Pantai Libra SS Danau Toba, Desa Unte Mungkur, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, Kamis, (19/12/2019).

'Matumona' yang berarti kembali ke asal. Mengenang kembali kehidupan awal dan mensucikan diri untuk bersahabat dengan Alam. Sedangkan 'Formasi Solu Bolon Hariara Sundung Di Langit' jika diartikan mengandung makna sepenanggungan, searah dan seirama yang berlandaskan Tuhan Yang Maha Esa.

Ini kali kedua festival Matumona-Solu Bolon Parade Formasi Hariara Sundung di Langit, berlangsung cukup meriah karena melibatkan 15 desa yang terdapat di Kecamatan Muara. Sudah tentu berbagai kesenian ditampilkan, seperti sepasang Solu Bolon (Sampan Besar) yang terbuat dari kayu besar yang diperkirakan telah berusia ratusan tahun. Serta acara Adat Matumona dan dilanjutkan  dengan formasi Solu Bolon Hariara Sundung Di Langit.

Bagi pemerintah kabupaten Tapanuli Utara event semacam ini tidak saja untuk melestarikan kesenian dan budaya daerah, namun juga untuk mengairahkan masyarakat setempat untuk membangkitkan sektor ekonomi dan pariwisata. Apa lagi keberadaan International Airport Silangit di wilayah ini tentu sangat mendukung kemajuan pariwisata daerah ini.

“Saya yakin pariwisata Muara akan meningkat maju karena karakter masyarakatnya yang memegang teguh ucapannya. Karena hal tersebutlah sejak awal, saya berkomitmen untuk memajukan kesejahteraan dan juga pariwisata Muara. Setelah keberadaan Bandara Internasional Silangit,” ujar Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan saat memberi sambutan pada opening ceremony festival Matumona-Solu Bolon Parade Formasi Hariara Sundung di Langit 2019.

Butuh Dukungan APBN

Meski pembangunan infrastruktur termasuk untuk sektor pariwisata di wilayah Tapanuli Utara masih saja terkendala anggaran, namun Pemkab pun tidak tinggal diam. Bupati Nikson terus berupaya untuk mendapatkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Saya sedang memperjuangkan agar Muara ini sebagai pintu gerbang masuk menuju Danau Toba karena didukung Bandara Internasional Silangit,” kata Bupati Nikson Nababan.

Nikson juga sangat mendukung bila masyarakatnya berkeinginan memajukan pariwisata, untuk itu dia mengajak masyarakat untuk solid dan membentuk badan usaha tingkat Desa guna menghadapi pengembangan pariwisata di desa.

“Pembinaan generasi muda (juga penting), sehingga kita memiliki SDM yang terampil dalam menyambut kemajuan pariwisata. Tahun-tahun berikutnya harus ada event tiap bulan untuk menjadi kalender (of event) tetap,” pintanya.

Menyiapkan SDM Lewat Perguruan Tinggi

Selain mendorong partisipasi masyarakat dalam mengembang sektor pariwisata di wilayah Tapanuli Utara, Bupati Tapanuli Utara juga tengah berjuang untuk berdirinya sebuah perguruan tinggi negeri di daerah ini, untuk itu menyiapkan generasi muda yang mandiri, kreatif dan inovatif di daerah ini.

“Mohon doa restu dan dukungan seluruh masyarakat agar Universitas Negeri Tapanuli Raya segera berdiri di Tapanuli Utara, hal itu termasuk juga akan mendukung kunjungan wisata ke Muara ini,” tandasnya.

Diakhir sambutan Nikson mengajak warganya untuk selalu membudayakan kerama-tamahan warga lewat senyum, sapa, salam (3S) dalam keseharian.

'Hasuhuton' Bergilir  

Animo masyarakat terhadap festival cukup tinggi. Hal ini terlihat melalui partisipasi warga dari 15 Desa di Kecamatan Muara yang mencanangkan ‘hasuhuton’ (tuan rumah) festival Matumona-Solu Bolon Parade Formasi Hariara Sundung di Langit akan bergiliran pada Marga Simatupang, marga Aritonang, Siregar serta marga pendatang di Muara.

“Setiap desa di Kecamatan Muara melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembang) menetapkan untuk melaksanakan kegiatan dragon boat (Solu Bolon),” kata Jusman Sianturi Ketua Pelaksana Matumona 2019, yang juga Kepala Desa Unte Mungkur. (dev/ril)

Komentar

Loading...