Pesona Alam Air Terjun Simatutung di Balik Bukit Barisan

Air Terjun Simatutung. (foto: MEDANmerdeka/Amir0

BAGI pecinta traveling yang rindu akan suara gemercik air, dan indahnya hutan perawan Bukit Barisan, hanya anda dapatkan di air terjun Simatutung, Desa Raniate, Angkola Sangkunur, Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara.

Hembusan angin, kicauan burung menembus hijuanya hutan menambah keindahan saat ber-swafoto dengan latar belakang air terjun.

Untuk mencapai air terjun Simatutung sedikit jauh, tepatnya di jalur lintasan pantai Barat, Tapsel – Mandailing Natal (Madina). Dari Kota Sipirok, Tapsel, sekira 50 km. Jika anda dari Kota Padangsidimpuan menempu perjalanan 90 km. Walaupun sedikit jauh, namun perjalanan menuju objek wisata alam ini cukup nyaman, apalagi melintasi beberapa tikungan mengitari lereng-lereng perbukitan nan indah.

Setibanya di air terjun Simatutung, so pasti rasa penat wisatawan akan tergantikan. Hempasan air terjun dari ketinggian 100 meter akan menghapus semua penat di badan.

Di areal seluas 3 hektare, juga dilengkapi hidangan makanan taradional Tapsel. Bagi anda yang berwisata bersama keluarga tak perlu khawatir, sejumlah warga Desa Raniate siap sedia mengawal perjalanan anda.

Untuk masuk ke objek wisata ini tidaklah mahal, makanan yang disajikan juga tergolong murah meriah. Hanya dengan membayar pakir, anda dan keluarga sudah dapat menikmati pesona alam di hutan perawan.

Seorang wisatawan, Mardiah Nasution (26) mengaku terpesona melihat air terjun Simatutung. “Baru kali ini kami datang, airnya jernih dan dingin,” katanya. Untuk kawasan pantai Barat, Mariah mengaku kagum akan kemolekan alam Simatutung.

Menurut warga, kunjungan wisatawan ramai ketika hari libur nasional, termasuk Sabtu dan Minggu. Selain itu, banyak juga wisatawan yang melintas jalur Pantai Barat kerap singgah beristirahat menikmati air terjun Simatutung.

Masyarakat Desa Raniate berharap, pemerintah dapat mengelola objek wisata air terjun Simatutung menjadi destinasi wisata andalan. Jika dikelola dengan baik, selain menghasilan PAD juga berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat setempat.