Akhyar Ajak IPHI Dukung Program Pemko Medan

MABRUR: Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap, keberadaan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) dapat meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan yang dibarengi dengan keimanan dan ketaqwaan serta amal nyata dalam upaya melestarikan kemabruran hajinya.(foto: Ist/MM)

Medanmerdeka.com – Wakil Wali Kota Medan  Ir H Akhyar Nasution  MSi berharap, keberadaan Ikatan Persaudaraan Haji  Indonesia  (IPHI) dapat  meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan yang dibarengi dengan keimanan dan ketaqwaan serta amal nyata dalam upaya melestarikan kemabruran hajinya.

“Kiprah IPHI selama ini terasa signifikan di Indonesia, termasuk di Kota Medan. Selama ini kita melihat upaya yang telah dilakukan IPHI dalam menjaga persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang multikultural  ini, “kata Akhyar ketika menghadiri  pelantikan Pengurus Daerah  (PD) IPHI  Kota Medan Periode 2018-2023 di Hotel Garuda Plaza, Jumat (9/11/2018).

Selain meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan, Akhyar juga berharap agar  seluruh pengurus dan anggota IPHI Kota Medan untuk bersama-sama mendukung program Pemko Medan. Dukungan itu bisa diwujudkan  dalam bentuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dengan tidak buang sembarangan.

“Tidak buang sampah sembarangan merupakan satu bentuk dukungan  yang bisa dilakukan mendukung program Pemko Medan. Ditambah lagi jika pengurus dan anggota IPHI  mau menyediakan tempat sampah di rumah masing-masing. Dengan demikian sampah tidak berserak, sehingga memudahkan petugas kebersihan datang mengangkutnya,” kata Akhyar.

Diungkapkan Akhyar, Pemko Medan sebenarnya bisa saja menyediakan tempat sampah untuk masyarakat. Namun  apabila perilaku buang sampah sembarangan belum dirubah, maka tempat sampah yang disediakan akan sia-sia.  “Jadi perilaku itu harus dirubah, minimal sampah rumah tangga kita wadahi sendiri agar tidak berserakan,” ungkapnya.

Selanjutnya Akhyar pun tidak lupa menyampaikan permintaan maaf  terkait dengan gencarnya penataan yang tengah dilakukan Pemko Medan saat ini. Selain perbaikan jalan dan drainase, juga dilakukan penertiban baik parkir liar maupun pedagang kaki lima serta papan reklame bermasalah.

“Atas ketidaknyamanan yang dirasakan menyusul dilakukannya penataan kota, kami minta maaf. Diupayakan penataan dilakukan secepatnya sehingga masyarakat dapat merasakan hasilnya. Di samping itu kami pun minta dukungan penuh masyarakat untuk menjaga dan merawat hasil penataan yang telah dilakukan,” harapnya.

Terakhir Akhyar menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus PD IPHI Kota Medan periode 2018-2023. Dia berharap pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik sehingga IPHI Kota Medan lebih maju dan berkembang ke depannya, serta keberadaannya memberikan manfaat  bagi anggota maupun masyarakat Kota Medan.

Pelantikan pengurus PD IPHI Kota Medan dilakukan langsung Ketua IPHI Sumut  H Akhmad Husein . Dalam pelantikan itu mantan Kabag Agama dan Pendidikan Setdakot Medan Ilyas Halim MPd  dipercayakan sebagai Ketua IPHI Kota Medan.

Usai dilantik,  Ilyas Halim mengatakan, IPHI Kota Medan merupakan organisasi keumatan yang seluruh anggotanya adalah haji. Dalam programnya, IPHI berupaya melestarikan haji-haji mabrur.

“Perioritas utama yang akan dilakukan IPHI Kota Medan adalah melestarikan haji mabrur. Haji mabrur itu artinya haji yang suka menabur salam,  memberikan sedekah dan selalu berkata baik,”  ungkap Ilyas. (mm)

Comment