Dampak Kabut Asap, Walkot Medan Minta Rumah Sakit Siaga

Ilustrasi/net.

MEDAN - Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menginstruksikan dinas kesehatan dan rumah sakit untuk siaga dalam menangani masyarakat terdampak kabut asap yang menyelimuti Kota Medan.

"Sampai sejauh ini, memang belum ada laporan atas jumlah warga yang sakit akibat menghirup kabut asap. Tapi, ini harus tetap diwaspadai," ujar Dzulmi Eldin di Medan, Minggu (22/9/2019).

Eldin mengharapkan, seluruh rumah sakit maupun pusat kesehatan masyarakat untuk memberikan pelayanan terbaik dalam menangani masyarakat yang datang berobat akibat terpapar kabut asap itu.

"Kita juga mengimbau masyarakat supaya mengurangi aktivitas di luar rumah. Jika beraktivitas maka sebaiknya menggunakan masker untuk menghindari dampak dari menghirup kabut asap," katanya.

Menurutnya, pemerintah kota sudah mempersiapkan segala upaya bila kabut asap kiriman dari luar daerah ini semakin parah. Selain menyiagakan rumah sakit dan puskesmas, juga dilakukan pembagian masker bagi pengguna jalan.

"Kondisi udara akibat kabut asap yang menyelimuti kota ini memang tidak baik. Ini berpotensi mengganggu kesehatan masyarakat. Kita terus memantau perkembangan kabut asap ini," sebutnya.

Penulis: Yohana
Editor: Redaksi

Baca Juga