Dewan Menilai Pembangunan Kota Medan Kurang Maksimal

Medanmerdeka.com – Ketua Komisi D DPRD Medan Ir Parlaungan Simangunsong  menilai kondisi pembangunan Kota Medan kurang maksimal. Seperti penataan parkir, perbaikan jalan,  drainase, banjir, penataan reklame dan penataan estetika kota masih butuh penanganan serius.

Untuk hal itu, Parlaungan Simangunsong  kepada wartawan, Jumat (19/10/2018) menyebutkan, pihaknya mendorong Walikota Medan melakukan terobosan baru mengatasi semua masalah. Seperti merangkul semua pihak untuk serius mencermati masalah sekaligus mencari solusi. “Ke depan, pihak Eksekutif, Legislatif, Yudikatif dan masyarakat harus bersatu dan sepaham mencari solusi membangun kota Medan lebih baik,” cetus Parlaungan.

Solusinya kata politisi Demokrat itu, Pemko Medan harus berani menaikkan jumlah APBD di Tahun 2019. Sedangkan nilai yang diajukan di RAPBD 2019 hanya sebesar Rp 5,94 Triliun dinilai terlalu kecil.

“Jika Pemko serius, APBD Pemko Medan TA 2019 diyakini mampu mencapai Rp 8 Triliun. Sebab, masih banyak sumber potensi PAD yang belum tergali,” terang politisi Demokrat itu.

Disebutkannya, upaya memaksimalkan menggali potensi sumber PAD hingga pendapatan  meningkat signifikan. Seperti dari pajak dan retribusi parkir, retribusi SIMB, pajak hotel, pajak restoran dan lainnya. Begitu juga dengan memberdayakan  lahan tidur. ASN di jajaran Pemko Medan diharapkan mampu berinovasi mendatangkan PAD.

Selain itu, Parlaungan juga mendorong seluruh Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) di satuan unit kerja untuk melakukan loby ke Pemvropsu dan pemerintah pusat mendatangkan Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), bantuan bagi hasil serta bantuan penyertaan modal lainnya.

Untuk itu Pemko Medan diharapkan melakukan pengawasan Perda sejak dini. Seperti pengawasan terhadap berdirinya reklame menyalah, bangunan tanpa izin dan penataan pedagang kaki lima. “Karena untuk biaya penertiban pelanggaran Perda itu saja menghabiskan biaya yang cukup besar. Pada hal, itu karena kelalaian dan tidak adanya pengawasan ,” terang Parlaungan.

Untuk itu lah Parlaungan menggugah Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution agar dapat menaikkan APBD Pemko Medan lada Tauun 2019. “Pasti jumlah APBD dapat ditingkatkan, asal Walikota serius,” sebut Parlaungan. (am/mm)

Comment