Eldin: Partisipasi & Komunikasi Dengan Elemen Masyarakat Modal Dasar Pembangunan

MEDAN - Wali Kota Medan H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengatakan, modal dasar dan faktor utama dalam upaya pembangunan kota adalah dengan adanya partisipasi serta komunikasi yang terjalin baik dengan sejumlah elemen masyarakat di Kota Medan. Partisipasi dan komunikasi itu sangat penting dilakukan bersama sebagai upaya agar Kota Medan menjadi kota metropolitan yang multikultural, humanis, berdaya saing, sejahtera dan religius. `

Atas dasar itulah Wali Kota berharap agar seluruh stakeholder dan elemen masyarakat dapat menjalankan peran dan fungsinya masing-masing dalam upaya mendukung pemerintah terhadap apa yang telah dan tengah dilakukan untuk kemajuan Kota Medan.

"Kita semua memiliki tanggung jawab untuk melakukan dan memberikan yang terbaik. Untuk itu, mari bersinergi dan tingkatkan jalinan komunikasi untuk Medan Rumah Kita yang lebih baik," kata Wali Kota ketika buka puasa bersama dengan sejumlah organisasi masyarakat, OKP, wartawan serta pemilik media di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Sabtu (11/5/2019) .

Dikatakan Wali Kota, buka puasa bersama, selain wadah mempererat tali silaturahmi, juga sebagai momentum untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah sekaligus sarana berinteraksi dengan berbagi komponen pelaku pembangunan yang ada di Kota Medan.
.
"Kegiatan ini menjadi kesempatan baik bagi kita untuk mempererat silaturahmi serta membangun komunikasi untuk sama-sama berperan dalam upaya pembangunan Kota Medan yang kita cintai ini. Lewat dialog dan berbagai saran yang bersifat konstruktif serta gagasan yang diberikan, saya percaya tantangan pembangunan yang semakin kompleks ke depannya dapat kita hadapi bersama," ungkapnya.
.
Selanjutnya Wali Kota memaparkan,selama ini sudah banyak keberhasilan yang diraih. Meski demikian masih banyak juga kekurangan dan masalah yang harus diatasi bersama-sama. Oleh karenanya Wali Kota mengaku sangat membutuhkan keterbukaan dan partisipasi yang semakin luas dari seluruh lapisan dalam membangun secara keseluruhan.

"Mewujudkan pembangunan kota tentunya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Sebab semuanya butuh tahapan dan proses baik yang bersifat jangka pendek, menengah maupun jangka panjang Di samping itu semua tahapan pembangunan tersebut tidak terlepas dari peran kita semua," terangnya.

Di akhir sambutannya, Wali Kota di hadapan Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al Rahman MM serta pengurus organisasi masyarakat, OKP, wartawan serta pemilik media, Wali kota mengingatkan agar semua ikut mendorong proses pembangunan kota yang semakin berkualitas melalui komunikasi yang terjalin baik dengan seluruh stakeholder.

"Organisasi masyarakat, OKP, pemilik media dan insan pers adalah mitra pemerintah. Terlebih lagi insan pers sebagai kontrol sosial serta jembatan penghubung penyampai informasi kepada masyarakat, jalankanlah tugas sebagaimana mestinya," pungkas Wali Kota.

Ini dengan tausyiah yang disampaikan Al Ustadz Abdil Muhajir Ritonga. Dalam tausiahnya, Muhajir mengingatkan kepada umat Muslim agar lebih meningkatkan ibadah terlebih di bulan suci Ramadhan. Sebab, segala bentuk ibadah yang dilakukan akan mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.
.
"Mari sempurnakan ibadah kita terlebih di bulan yang mulia ini. Selain itu, saya mengingatkan agar kita semua senantiasa menutup segala aib saudara kita. Jika hal tersebut kita lakukan, niscaya Allah akan menutup pula aib-aib kita. Serta tidak lupa, untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan sekalipun kita berbeda suku, agama, ras dan golongan," kata Ustad Muhajir.

Usai berbuka, Wali Kota bersama seluruh tamu undangan selanjutnya melaksanakan Shalat Maghrib berjamaah. Setelah itu dilanjutkan dengan makan malam bersama sekaligus bersilaturahmi. Acara dipungkasi dengan melaksanakan Shalat Isya serta Tarawih bersama di Pendopo Rumah Dinas.

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga